Kadis Kominfo Ajak Masyarakat Bijak Bermedsos‎

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Rahmawaty.(Sofan)

Kandangan, kalselpos.com– Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Hj Rahmawaty, mengingatkan masyarakat ‎untuk menjaga etika dan bijak dalam bermedia sosial atau medsos.

“Kita harus berhati-hati sebelum memposting sesuatu atau mengomentari postingan orang lain,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten HSS, Senin (8/10/2020).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, sebelum memposting atau mengomentari postingan ingatkan ‎selalu, bahwa penebar hoax atau ujaran kebencian, seperti penghinaan, pencemaran nama baik, perbuatan tidak menyenangkan, memprovokasi dan menghasut dapat dipidanakan, karena melanggar undang-undang nomor 11 tahun 2008, tentang informasi dan transaksi elektronik.

Selain itu, undang-undang nomor 40 tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi ras dan etis‎. “Jika ingin memposting sesuatu di medsos, postinglah hal-hal yang positif dan informasi yang baik, sopan dan benar. Saringlah informasi mana yang cocok untuk konsumsi publik maupun pribadi,” ujarnya.

Menurutnya, kebebasan menyampaikan pemikiran atau tulisan di medsos bukan berarti semua kehidupan pribadi bisa diumbar, dan saringlah yang mana harus diketahui publik dan mana yang hanya konsumsi pribadi.

“Jangan memposting konten yang mengandung olok-olok, kamarahan maupun provokasi,” ujarnya.

Karena, ia menambahkan, hal tersebut bisa menyebabkan ketersinggungan dan kesalahpahaman. Oleh sebab itu, ia menghimbau agar menghindari kata-kata maupun konten yang mengandung unsur-unsur sara, pornografi dan kekerasan.

“Telitilah dalam mencantumkan informasi personal di medsos. Silahkan beropini di medsos tapi perlu diingat opini anda harus ditunjang dengan data dan fakta yang akurat, sehingga tidak menimbulkan kesesatan bagi yang membacanya, ketika membagikan berita yang anda baca lakukanlah kroscek terhadap kebenarannya, jangan sampai anda terlibat sebagai penyebar hoax,” tutupnya

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sofan
Editor : Zakiri