HUT ke-75 TNI diperingati secara Sederhana

Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Firmansyah saat diwawancarai wartawan usai peringatan HUT TNI ke-75 di Mahligai Pancasila Banjarmasin.(Anas Aliando)

Banjarmasin,kalselpos.com – Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) setiap tahunnya, umumnya menjadi ajang untuk show off atau pamer kekuatan alat utama sistem pertahanan (alutsista). Mulai dari persenjataan di darat, laut dan udara. Ajang ini tentunya menjadi tontonan menarik bagi masyarakat, mengingat momen ini hanya terjadi sekali dalam setahun. Dimana tank-tank konvoi di jalan, dan juga pesawat tempur berseliweran di udara.

Namun berbeda pada tahun ini, dimana peringatan HUT ke-75 TNI tahun ini diperingati secara sederhana tanpa adanya pamer kekuatan tersebut. Dimana upacara dilaksanakan di istana negara Jakarta, dan dipimpin langsung presiden Joko Widodo, yang diikuti secara virtual dari seluruh Indonesia. Di provinsi Kalimantan Selatan, puncak peringatan HUT ke-75 TNI tahun ini, diikuti sejumlah unsur Forkopimda Kalsel. Diantaranya Plt Gubernur Kalsel, Ketua DPRD Kalsel, Kapolda Kalsel, Danrem 101/Antasari Banjarmasin dan Kajati Kalsel.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya saat acara ramah tamah peringatan HUT ke-75 TNI tingkat provinsi Kalimantan Selatan di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin pada Senin (5/10), Pangdam VI/Mulawarman Heri Wiranto, yang dibacakan Danrem 101/Antasari Banjarmasin Firmansyah mengakui, bahwa upacara peringatan tahun ini dilaksanakan secara sederhana, dan tanpa menimbulkan kerumunan massa.

Hal itu mengingat kondisi pandemi Covid-19 saat ini, yang melanda hampir seluruh wilayah Indonesia. Dimana setiap kegiatan harus mengedepankan protokol kesehatan.

“Peringatan HUT ke-75 TNI tahun ini, kita laksanakan secara sederhana namun tetap khidmat dan tidak meninggalkan esensi dari peringatan itu sendiri. Karena peringatan tahun ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka fokus HUT tahun ini lebih mengarah pada kegiatan sosial, yang dapat membantu masyarakat terdampak Covid-19. Diantaranya berupa donor darah, dan pembagian paket bantuan kepada masyarakat yang memerlukan,” jelas Firmansyah.

Sementara itu, Plt Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Resnawan mewakili masyarakat Kalsel, turut mengucapkan selamat kepada TNI, yang tahun ini sudah memasuki usia ke-75.

“Saya berharap, TNI akan selalu menjadi garda terdepan sebagai penjaga kedaulatan NKRI, serta juga persatuan dan kesatuan bangsa. Saya juga berharap, TNI akan tetap menjalin sinergitas bersama Forkopimda untuk membangun Kalsel yang lebih maju,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Tinggalkan Balasan