Petugas Pendisiplinan Prokes Sasar Lapangan Murjani

Ilustrasi

Banjarbaru, kalselpos.com – Disaat asyik bermalam mingguan, sejumlah muda-mudi yang bersantai di Lapangan Murjani Banjarbaru menjadi target petugas pendisiplinan protokol kesehatan (prokes) Covid-19, Sabtu (22/10/2020) malam.

Hal ini lantaran kebanyakan dari muda-mudi yang ingin bermalam mingguan di Lapangan Murjani Banjarbaru itu, tidak mentaati prokes berupa menjaga jarak dan tak menggunakan masker.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan pantauan kalselpos.com, ratusan petugas gabungan yang tediri dari unsur TNI, Polri, Satpol PP Kota Banjarbaru dan SKPD terkait langsung diterjunkan dalam giat penerapan prokes di Lapangan Murjani Banjarbaru, tadi malam .

Wakapolresta Banjarbaru Kompol Andik Eko Siswanto mengatakan, sejauh ini pihaknya hanya memberikan sangsi teguran dan peringatan saja.

“Tindakan yang kami lakukan diutamakan tindakan peringatan baik lisan maupun tertulis tidak ada tindakan fisik,” ucap Kompol Andik Eko Siswanto.

Mereka yang terjaring, menerima teguran lisan dan didata sebagai laporan apabila terjaring kembali, maka disanksi denda uang sebesar Rp 50 ribu.

“Ini sebagai data untuk diberikan kepada atasan kita, serta nanti jika kedapatan lagi untuk kedua kalinya akan diberi sanksi selanjutnya, kita cuma memberikan teguran lisan dan tertulis,” ujar Nathalia yang bertindak sebagai Seksi Operasional dan Pengendalian Satpol PP Kota Banjarbaru.

Ia membeberkan, kebanyakan yang terjaring dalam giat penerapan prokes Covid-19 kali ini mayoritas bukan warga Banjarbaru. “Banyak dari luar Banjarbaru,” ungkapnya.

Kebanyakan yang terjaring pada operasi ini, adalah warga dari Tanah Laut dan Kabupaten Banjar serta Kota Banjarmasin.

Usai pendataan, mereka yang terjaring pendisiplinan prokes Covid-19 di Banjarbaru ini, diberikan masker gratis serta diminta membacakan teks Pancasila dan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Yang uniknya, entah karena gugup atau memang lupa, diantara pelanggar protokol kesehatan ini, banyak yang tidak hafal dengan urutan dari Pancasila dan juga lagu kebangsaan saat menjli hukuman.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Zakiri