Peternak Puncak Harapan Kembangkan Belasan Ekor Kambing Etawa.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan menyerahkam secara simbolis kambingjenis etawa kepada kelompok ternak desa puncak harapan (Abdillah)

Rantau, kalselpos.com – Guna mendongkrak peningkatan kualitas keluarga, Kelompok Ternak Rojo Koyo Puncak Harapan di Kabupaten Tapin mengembangkan 11 ekor Kambing Etawa.

Bacaan Lainnya

Langkah tersebut merupakan salah satu program padat karya produktif milik Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tapin.

Dalam peresmiannya, secara simbolis hewan ternak Kambing Etawa diserahkan langsung oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan kepada kelompok ternak Rojo Koyo Puncak Harapan. Minggu (4/10/2020).

Kepala Disnaker Tapin Hj Fauziah menjelaskan 11 ekor kambing etawa yang diserahkan kepada kelompok ternak Rojo Koyo ini merupakan kegiatan padat karya untuk mendukung program peningkatan kualitas keluarga di Desa Puncak Harapan.

“Ada 11 ekor kambing yang diberikan, terdiri dari 1 (satu ) ekor jantan 10 ekor betina,” ucapnya pada awak media disela simboles penyerahan kambing tersebut.

Menurutnya, dipilihnya kambing etawa untuk dikembang biakkan dikarenakan hewan herbivora asal Provinsi Jawa Barat ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi. “Disamping dagingnya bisa dijual juga air susunya juga dapat dijual untuk dikonsumsi. selain itu kotorannya pun dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kandang,” jelasnya.

Sentara itu, Bupati Tapin HM Arifin mengapresiasi langkah yang diambil oleh salah satu SKPD di bawahnya telah mendukung program peningkatan kualitas keluarga di Desa puncak Harapan dengan membantu perternakan kambing etawa.

“Kambing jenis ini sangat bagus untuk dikembangkan, karena memiliki potensi yang menjanjikan. Apalagi kondisi alam Desa Puncak Harapan sangat mendukung untuk beternak kambing etawa, karena di sini ketersediaan pakannya mudah didapat,” ungkapnya

Oleh karena itu, ia berharap kelompok ternak yang sudah dibantu dengan diberikannya kambing tersebut bisa memeliharanya dengan baik dan bisa memberikan hasil yang maksimal.

“Sehingga peternakan ini bisa berhasil dan terus bertambah banyak jumlah kambing yang dikembangkan. Sejalan dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat desa,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Abdillah
Editor : Zakiri

Tinggalkan Balasan