Desa Puncak Harapan Miliki Rumah Pintar dan Taman Sehat

Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan Ketua PKK Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin resmikan rumah pintar dan taman sehat di Desa Puncak Harapan Kecamatan Lokpaikat.(ist)

Rantau, kalselpos.com – Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan Ketua PKK Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin resmikan rumah pintar dan taman sehat di Desa Puncak Harapan Kecamatan Lokpaikat. Minggu (04/10) pagi.

Keberadaan rumah pintar dan taman sehat ini tidak lain salah satu upaya Pemerintah Daerah Kab Tapin dalam mendukung program meningkatkan kualitas keluarga sekaligus dama meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang pendidikan khususnya di pedesaan.

Bacaan Lainnya

Bupati Tapin HM Arifin Arpan menyambut baik dengan adanya rumah pintar dan taman sehat Desa Puncak Harapan hal ini dalam upaya peningkatan kualitas keluarga dalam pendidika masa depan.

“Biarpun pembinaan nantinya telah selesai namun dengan adanya inovasi, semua program dapat terus berjalan,” tegasnya

Kepada warga masyarakat Desa Puncak Harapan agar dapat memanfaatkan kedua inovasi yang diberikan dapar memanfaatkan dengan sebaik – baiknya, karena dengan memiliki keterampilan maupun keahlian nantinya dapat berguna di masa akan datang.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hj Lailian Noor menjelaskan, rumah pintar sendiri memiliki beberapa sentra dari Kolaborasi beberapa dinas, seperti perpustakaan, sentra permainan edukatif kolaborasi dinas pendidikan dan DPPKB,

Selanjutnya juga sentra audio visual yang berisi tentang tontonan yang mendidik anak maupun masyarakat hasil kolaborasi Kominfo dan Humas Setda Tapin

Kemudian juga ada sentra kria yaitu pelantihan keterampilan seperti membuat roti dan lainnya yang mengutamakan kelompok rentan meliputi perempuan kepala keluarga perempuan korban Kekerasan, disabilitas

Sentra multimedia yang memiliki pelatihan komputer untuk generasi milenial dan masyarakat sekitar, dan terakhir sentra konseling puspaga keluarga yang memiliki masalah baik itu anak maupun KDRT.

“Keenam sentra ini akan saling bahu membahu untuk meningkatkan kualitas keluarga seperti perekonimian dan pendapatan keluarga,” katanya.

Ditambahkannya juga bahwa Tidak hanya rumah pintar adanya Taman sehat juga turut mendorong masyarakat agar dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam obat – obatan keluarga, terlebih di tengah pandemi covid-19 tanaman obat sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

“Baik rumah pintar maupun taman sehat merupakan inovasi unggulan dalam program peningkatan kualitas keluarga,”pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan bibit ikan dan pakannya, pupuk, bibit tanaman, bantuan Alat Permainan Edukatif.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis:dillah
Editor:wandi

Tinggalkan Balasan