Tim TFC Kemenkes Kunjungi Batola

Tim Kemenkes RI saat mengunjungi Batola dalam rangka memantau percepatan penanganan Covid-19 Batola.

Marabahan,kalselpos.com – Tim Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mengunjungi Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan (Kalsel) pada(29/09/20) lalu. Kunjungan dilakukan dalam rangka memantau percepatan penanganan Covid-19 di Bumi Ije Jela.

Kehadiran tim yang dipimpin nyonya Endang ini diterima Pj Sekda H Abdul Manaf, Kepala Dinas Kesehatan dr Hj Azizah Sri Widari, Direktur RSUD Abdul Aziz Marabahan dr Fathurrahman dan sejumlah pejabat terkait di ruang Crisis Centre GTPP Covid-19 Kabupaten Barito Kuala.

Bacaan Lainnya

Endang selaku ketua rombongan menerangkan, pemerintah melalui Kemenkes membentuk Tim Task Force Covid-19 (TFC) untuk menindaklanjuti arahan Presiden terkait penanganan Covid-19 di 9 provinsi prioritas salah satunya Provinsi Kalsel.

Tugas TFC, sebut Nyonya Endang untuk menurunkan jumlah kasus positif, angka kematian, dan meningkatkan angka kesembuhan.

TFC juga berfungsi menjembatani pemerintah pusat dan daerah dalam penanganan Covid-19. Pada kesempatan pertemuan, Endang menyambut baik dengan penanganan Covid-19 di Provinsi Kalimantan Selatan yang trend-nya semakin membaik.

Kendati demikian, ia menekankan Provinsi Kalsel harus tetap mengantisipasi terjadinya klaster Pilkada dengan benar-benar mengantisipasi berbagai strategi yang perlu dipersiapkan.

Disisi lain, Endang juga menjelaskan untuk penanganan covid-19 tidak bisa diserahkan ke tenaga kesehatan saja, namun harus melibatkan gotong royong masyarakat seperti tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam mensosialisasikan Covid-19.

“Masyarakat harus terus diingatkan bahaya Covid-19 melalui sosialisasi maupun lainnya. Pengetahuan ini harus diberikan ke masyarakat, tentang hal-hal yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 seperti 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” ajaknya.

Sebelumnya, Pj Sekdakab Barito Kuala H Abdul Manaf mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Kuala menyambut baik sekaligus mengucapkan selamat datang kepada TFC.

“Pertemuan ini tentunya merupakan kebahagiaan sekaligus kehormatan bagi kami karena agenda kunjungan kerja ini dalam rangka memonitoring perkembangan pencegahan pengendalian dan penanganan Covid-19,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliadi