Warga Sarang Burung Dapat Penyuluhan Bela Negara Dan Wasbang

  • Whatsapp
PENYULUHAN-Warga Desa Sarang Burung, Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menerima penyuluhan terkait Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) oleh TNI Kodim 1001 Amuntai.(ist)

Amuntai, kalselpos.com – Warga Desa Sarang Burung, Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menerima penyuluhan terkait Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) oleh TNI Kodim 1001 Amuntai.

Bacaan Lainnya

Dansatgas TMMD ke 109 Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi mengatakan, Bela Negara dan Wasbang bentuk pengetahuan dan edukasi bagi warga masyarakat, tentang bagaimana sejarah negara Indonesia ini. Terutama bagi masyarakat yang jauh dari wilayah perkotaan, sehingga agar mereka mengenal Bangsa Indonesia lebih dekat lagi, Kamis (01/10).

“Sehingga mampu menumbuhkan rasa cinta dan nasionalisme yang lebih besar lagi di hati masyarakat kepada NKRI. Wasbang penting dilakukan, guna menangkal adanya paham-paham radikalisme dan terorisme yang bisa saja merasuk dalam kehidupan masyarakat serta mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara, ” tuturnya.

Dansatgas menuturkan, materi Ini merupakan salah satu tanggung jawab TNI dalam pelaksanaan kegiatan TMMD, agar paham-paham radikalisme dan terorisme bisa kita tangkal dalam hati dan pikiran warga masyarakat.

Selain itu Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi juga memberikan edukasi serta himbauan kepada masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut, tentang disiplin protokol kesehatan,agar masyarakat mengerti bahayanya Pandemi Covid-19.

Kepala Satgas TMMD Kapten Inf Mahmud Dalli memaparkan, wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungan yang mencakup perwujudan persatuan dan kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan hankam berpedoman pada Pancasila, UUD 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan.

Oleh karena itu, kata Mahmud sebagai warga negara Indonesia harus tahu tentang bagaimana bela negara itu.

Ia menjelaskan bahwa pertahanan negara bukan semata-mata ditujukan untuk perang, akan tetapi juga untuk mewujudkan perdamaian, menjamin keutuhan NKRI, mengamankan kepentingan nasional serta menjamin terlaksananya pembangunan pembangunan nasional.

Selain itu, Komandan Koramil Kecamatan Amuntai Utara ini juga berharap, warga masyarakat semakin waspada terhadap faham-faham radikal yang kerap kali sudah mulai memasuki wilayah pedesaan.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: adiyat
Editor : wandi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.