Kabar Baik Tersisa 1 Kelurahan yang Berstatus Zona Merah

Zona merah penyebaran Covid-19 di Kota Banjarmasin hanya menyisakan Kelurahan Seberang Mesjid (Fudail)

Banjarmasin, kalselpos.com – Kabar baik datang dari Kota Banjarmasin dalam perkembangan kasus virus Corona atau Covid-19. Pasalnya dari 52 kelurahan yang ada di kota dengan julukan sebagai Kota Seribu Sungai ini dari 52 kelurahan yang sebelumnya berstatus sebagai zona merah, kini hanya meninggalkan 1 kelurahan saja.

Bacaan Lainnya

Saat ditemui awak media, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Banjarmasin, Machli Riyadi merincikan, saat ini 45 kelurahan telah masuk zona hijau, sedangkan 6 kelurahan lainnya zona kuning.

“Maka dari itu yang tersisa untuk zona merah adalah wilayah Kelurahan Seberang Mesjid,” ucapnya, Senin (28 /09/ 2020).

Kendati demikian, ia tetap menekankan agar setiap warga harus tetap menjalankan protokol kesehatan untuk menekan kasus Covid-19 di Banjarmasin, agar bisa membuat seluruh wilayah Kota Banjarmasin menjadi zona hijau.

“Jangan sekali-kali euforia dengan zonasi hijau ini. Tidak ada garansi wilayah itu akan tetap hijau,” tegasnya.

Ia menjelaskan, perubahan zonasi sangat ditentukan dengan kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan 4 prinsip dasar protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

“Terutama masker. Karena penularan Covid-19 itu melalui droplet (tetesan air liur). Sehingga bermasker itu wajib hukumnya untuk melawan Covid-19,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia melanjutkan, masyarakat tetap diminta secara bersama mempertahankan keadaan baik itu, serta saling mengingatkan untuk selalu memakai masker.

“Harus bersama-sama kita pertahankan dan saling peduli,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri

Tinggalkan Balasan