Jalan 8 bulan, Bus Trans Banjarmasin Masih Sepi Penumpang

Selama 8 bulan beroperasi, Bus Tayo Banjarmasin masih sepi penumpang (Fudail)

Banjarmasin, kalselpos.com – Sejak diresmikannya Bus Trans Banjarmasin pada Februari 2020 yang lalu, moda transportasi baru tersebut masih sepi peminat. Pasalnya berdasar pantauan kalselpos.com di beberapa titik keberangkatan, bus yang dinamai sebagai Tayo-nya Banjarmasin ini selalu jalan tanpa penumpang.

Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Kepala Dinas perhubungan Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik mengatakan membenarkan bahwa masih sedikit warga yang mau menggunakan bus tersebut.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, kondisi ini terjadi lantaran banyaknya warga yang masih menggunakan roda dua sebagai alat tranportasi kesehariannya.

Selain itu, pihaknya juga mengakui jika sosialisasi dan promosi tentang keberadaan moda transportasi umum milik Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin ini belum maksimal.

“Banyak warga yang belum mengetahui dengan keberadaan bus ini, yaa ini akibat kurangnya sosialisasi dan promosi, “ujar Ichwan Noor Chalik, kepada wartawan.

Ia menjelaskan, selama ini sosialisasi yang dilakukan pemerintah hanya mengandalkan media sosial (Medsos). Padhal tidak semua warga memakai medsos, makanya banyak orang yang tidak tahu.

“Tetangga saya aja tidak tahu keberadaan bus trans Banjarmasin itu, dan katanya gratiskah naik bus tersebut,” ujarnya.

Oleh karena itu, pria dengan sapaan Ichwan ini menyarankn agar Pemko lebih gencar melakukan promosi, tidak hanya terpaku melalui media sosial saja.

“Jika ingin moda transportasi publik ini lebih dikenal masyarakat secara luas, khususnya warga Banjarmasin. Pemerintah harus lebih gencar lagi melakukan sosialisasi,” tandasnya.

Untuk diketahui, terdapat dua rute atau koridor perlintasan yang akan dilalui Bus Trans Banjarmasin selama waktu operasional yang sudah ditentukan Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin.

Rute koridor sendiri terbagi menjadi dua, dimana satu koridor dilayani oleh tiga unit bus. Pertama, dari Terminal Km 6 menuju Pasar Antasari via Jalan Pramuka, Jalan Gatot Subroto, Jalan Achmad Yani dan Jalan Jati -Jalan Pangeran Antasari- pulang pergi.

Sementara koridor kedua dari Pasar Antasari menuju Jalan Pangeran Samudera, Jalan Lambung Mangkurat, Halte 0 Kilometer, Jalan Keramaian, Jalan Tarakan, Jalan S Parman hingga Jalan Hasan Basry Kayutangi pulang pergi.

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri