Pilkada Tanbu 2020, Histories Keluarga Camat Vs Keluarga Kades

Batulicin, kalselpos.com – Meskipun dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Tahun 2020 terdapat 3 pasang calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tanbu periode 2021 – 2024.

Bacaan Lainnya

Seperti halnya paslon nomor urut 1 Syafrudin H Maming dengan Muhammad Alpya Rakhman (SHM – MAR), nomor urut 2 Mila Karmila dengan Zainal Arifin (MK-ZA) kemudian nomor urut 3 Zairullah Azhar dengan Muhammad Rusli (ZR). Namun, yang nampak dalam perhelatan tersebut 2 paslon yang mendapat perhatian masyarakat, adalah SHM – MAR dan ZR. Sesekali pasangan MK-ZA.

Melihat kondisi saat ini persis mirip dengan Pilkada 2010 saat itu Mardani H Maming (MHM) adik dari SHM berpasangan dengan Difriadi Darjat (saat ini Cawagub Kalsel) melawan Pasangan HM. Hamsyuri (kakak Zairullah Azhar) berpasanga dengan Sartono. Hamsyuri adalah eks Camat Kusan Hilir dan Ir Sartono saat ini Kadisdik Tanbu. 

Pada saat itu ada 4 pasang calon lainnya seperti pasangan Burhanudin dan Surinto kemudian M. Iqbal Yudian Noor berpasangan HM. Asbi dan terjadi dua putaran yang kemudian tinggal pasangan Mardani H Maming-Difriadi Darjat dan HM. Hamsuri-Sartono, pada putaran kedua dimenangkan Pasangan Muda MHM dan Difriadi Darjat.

Alhasil Pasangan MHM dan Difriadi Darjat berhasil menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tanbu Periode 2010 – 2015.

Setelah berjalan satu dekade pertarungan adik SHM dan Kakak Zairullah Azhar (Hamsyuri) kini kakak MHM yakni SHM bertarung dengan Zairullah Azar. Apabila dilihat pertarungan ini selayaknya klan Camat Vs Pembekal (Kades).

Diketahui, orang tua MHM dan SHM adalah H. Maming yang merupakan Kades Batulicin dan orang tua Zairullah dan Hamsyuri adalah M. Arsyad Syamsu yang tak lain adalah Camat Pulau Sembilan dan keduanya pada saat itu masih menjadi bagian dari Kabupaten Kotabaru (Pulau Laut).

Manakala dihubungkan lagi, pasangan Zairullah Azhar pada saat ini Muhammad Rusli merupakan mantan Camat Mentewe yang juga kakak dari H. Andi Arsyad Syamsudin (H. Isam).

Melihat hisrori dari persaingan ataupun pertarungan tersebut, selayaknya kedua paslon berasal dari klan Camat dan klan Kepala Desa. 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Tim
Editor: Bambang CE

Tinggalkan Balasan