Tradisi Tahunan, Pemko Ziarah Ke Makam Sultan Suriansyah

Agenda tahunan Pemko Banjarmasin ziarah ke makam Sultan Suriansyah dilaukan secara terbatas (Fudail)

Banjarmasin, kalselpos.com – Dalam rangka memperingati hari jadi Kota Banjarmasin ke-494 Jajaran Pemerintah Kota Banjarmasin (Pemkot) melakukan ziarah ke Komplek Pemakaman Sultan Suriansyah di Kelurahan Kuin Utara, Kota Banjarmasin, Kamis (24/9/2020) pagi.

Bacaan Lainnya

Ziarah yang merupakan agenda tahunan Pemko itu dipimpin langsung oleh Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, dalam rangkaian acara Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-494 di tahun 2020.

“Sebagai tradisi setiap tahun, melaksanakan ziarah ke komplek makam Sultan Suriansya yang merupaka situs bersejarah dan pusaka bagi Kota Banjarmasin,” ujar Ibnu Sina, kepada wartawan.

Menurutnya, rankaian kegiatan hari jadi Banjarmasin ke-494 tahun ini sangat berbeda dari perayaan di tahun-tahun sebelumnya, hal tersebut terjadi lantaran adanya wabah virus Corona atau Covid-19 sehingga jumlah peserta yang mengikutinya terbatas.

“Meski terbatas, hal itu tidak mengurangi sedikitpun makna dari agenda tahunan ini,” ungkapnya.

Sehingga, ia melanjutkan, selain dirinya ziarah tersebut hanya diikuti oleh Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, Forum Koordinasi Daerah (Forkopimda), para kepala SKPD, dan para ASN lingkup Pemko Banjarmasin.

“Mengingat masih suasa pandemi Covid-19, acara ini diselenggarakan secara sederhana dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan,” tuturnya.

Menurut Ibnu, ziarah dilakukannya ini adalah sebagai bentuk penghormatan kepada sosok pahlawan yang berjasa dalam mendirikan Kota Banjarmasin.

Disamping itu, Ibnu menambahkan, Komplek Pemakaman Sultan Suriansyah ini adalah salah satu simbol Kota Banjarmasin yang harus tetap dijaga. Sebab, makam ini merupakan salah satu situs bersejarah yang dimiliki Kota Seribu Sungai sehingga lebih harus dipelihara kondisinya.

“Harus kita jaga dan oelihara dengan baik komplek makam Sultan Suriansyah ini termasuk mesium dan Masjid Sultan Suriansyah,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri