Ketinggian debit air DAS Kahayan terus Dipantau

Personil Polsek Banama Tingang melakukan pemantauan ketinggian debit air DAS Kahayan di desa Pahawan dan Hanua Kecamatan Banama Tingang. (Ist)

Kuala Kapuas, kalselpos.comDebit air di Daerah Aliran Sungai ( DAS) Kahayan, Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau Kalteng, terus dilakukan pemantauan untuk mewaspadai ketinggiannya yang sewaktu-waktu bisa naik dan meluap.

Pemantauan itu dilakukan personil Polsek Banama Tingang, Rabu, (23/09) pagi.

Bacaan Lainnya

Kapolres Pulang Pisau AKBP Yuniar Ariefianto SH, SIK MH melalui Kapolsek Banama Tingang, Iptu Ivan Danara Oktavian, STrK menyampaikan pemantaun itu dilakukan secara rutin untuk memastikan ketinggian debit air DAS Kahayan di wilayah Kecamatan Banama Tingang.

“Mengingat akhir-akhir ini curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kecamatan Banama Tingang. Sehingga jika air naik kita dapat segera mengambil tindakan,” ujar Iptu Ivan.

Dijelaskannya, tindakan yang dimaksud adalah seperti menghimbau warga agar meningkatakan kewaspadaan untuk mengatisifasi hal yang tidak di inginkan. Mengingat sebagian besar masyarakat Kecamatan Banama Tingang masih bsnyak tinggal di sekitaran bantaran DAS Kahayan.

“Kami himbau kepada masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan di saat musim penghujan ini mengingat wilayah kita ini juga rawan terjadi banjir setiap tahunnya,” ungkap Iptu Ivan.

Kapolsek Banama Tingang ini juga mengingatkan, yang paling penting perhatikan keselamatan diri dan keluarga, jika debit air terus meninggi.

“Bila hal itu terjadi, kami himbau untuk mengungsi ketempat yang lebih tinggi, serta lakukan evakuasi barang berharga sedini mungkin jika debit air tidak mengalami penurunan,” cetus Iptu Ivan.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Iwan Cavalera
Editor: Bambang CE

Tinggalkan Balasan