Kadisbudpora survei Pulau Kupang persiapkan konservasi Bekantan

Kadisbudpora Kapuas, H Suparman survei Pulau Kupang yang akan dipersiapkan menjadi kawasan konservasi Bekantan.(Ist)

Kuala Kapuas, kalselpos.com-Pulau Kupang selain akan dipersiapkan sebagai kawasan konservasi Bekantan, juga akan dikembangkan menjadi destinasi wisata kehidupan primata langka dan dilindungi tersebut.

Bacaan Lainnya

Sebagai langkah awal, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Kadisbudpora) Kabupaten Kapuas Kalteng, H Suparman SIP M.Si, bersama wartawan Kalselpos.com melakukan survei ke Pulau Kupang dan sekitarnya yang berada di wilayah Kecamatan Bataguh, Rabu (23/9) pukul 07.00 WIB.

H. Suparman dalam kesempatan itu menggali informasi kepada penduduk sekitar Pulau Kupang, terkait kapan waktu hewan primata Bekantan tersebut bisa terlihat, kemudian apa saja kebiasaan atau prilaku hewan langka yang dilindungi itu.

Informasi yang didapat dari keterangan penduduk sekitar Pulau Kupang, Bekantan biasanya terlihat dari daratan Kelurahan Pulau Kupang, di sore hari saat cuaca cerah.

Kemudian, H Suparman juga menyempatkan bertemu dengan salah satu tokoh masyarakat yang juga Mantir Kelurahan Pulau Kupang, H Guppi yang mendukung rencana tersebut.

“Jika ada sesuatu hal yang bisa kita bantu kami siap membantu untuk rencana ini,” ujar H Guppi.

Ia juga mengatakan telah membeli tanah di pulau yang akan direncana menjadi konservasi Bekantan tersebut.

“Saya punya hak untuk melarang siapa pun yang akan mengganggu apalagi membunuh keberadaan hewan ini, karena tanah tampat hidupnya sudah menjadi milik saya, dan saya akan melakukan pelarangan,” tegas H Guppi.

Setelah berputar melakukan survei, dilanjutkan dengan menikmati kuliner yang ada di pasar Kelurahan Pulau Kupang, yang merupakan pasar mingguan setiap hari Rabu.

“Kuliner ini juga termasuk yang dipersiapkan untuk menjadikan destinasi wisata di sini nantinya,” ucap H Suparman sambil menikmati makanan di sebuah warung di pasar Kelurahan Pulau Kupang.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Iwan Cavalera
Editor: Bambang CE

Tinggalkan Balasan