Dugaan Ujaran Kebencian, DPC PDIP Banjarmasin Laporkan Akun Ryan Saputra

Akun Facebook Ryan Saputra dilaporkan ke Mapolresta Banjarmasin oleh DPC PDIP Banjarmasin (ist)

Banjarmasin, kalselpos.com – Sebuah akun media sosial Facebook atas nama Ryan Saputra, dilaporkan ke Polresta Banjarmasin lantaran mengunggah sebuah postingan yang diduga memuat unsur dugaan SARA (suku, agama, ras, antar golongan) dan ujaran kebencian.

Postingan tersebut menyudutkan salah satu pasangan calon (paslon) Pilkada Banjarmasin dan salah satu partai politik pengusungnya.

Bacaan Lainnya

Lantas, hal ini memantik reaksi dari DPC PDIP Kota Banjarmasin, yang merasa dirugikan akibat unggahan postingan ini.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Bidang Polhukam DPC PDIP Kota Banjarmasin Rizki Eri Munadi, pada awak media usai membuat laporan di Satreskrim Polresta Banjarmasin, Selasa (22/9/2020) pagi.

“Kami melaporkan kasus dugaan pelanggaran UU ITE yang mencatut PDIP dengan berita yang tidak benar di salah satu akun media sosial Facebook dengan nama Ryan Saputra,” tutur Rizki.

Menurutnya, barang bukti yang disertakan dari pelaporan ini yaitu hasil tangkapan layar yang memuat unggahan diduga ujaran kebencian dan fitnah ini.

“Dugaan kami, tujuan dari postingan ini masih berkaitan dengan Pilkada 2020 di Kota Banjarmasin. Salah satunya mencatut nama salah satu paslon Wali Kota Banjarmasin pak Ibnu Sina dan juga menyertakan logo PDIP dengan hal-hal yang berbau hoaks dan menyesatkan,” papar Rizki.

Tentunya, DPC PDIP Kota Banjarmasin merasa dirugikan, lantaran unggahan dari akun Facebook Ryan Saputra dinilai tidak benar. Karena dikhawatirkan akan terjadi penggiringan opini terkait dugaan isu yang diunggah oleh akun Facebook ini.

“Hari ini kami reaksioner, menyikapi dengan mengambil langkah hukum, agar ada efek jera di masyarakat dan pendidikan kepada masyarakat dalam menggunakan media sosial,” tandasnya.

Kendati demikian, Rizki menambahkan, saat ini akun Facebook Ryan Saputra sudah tidak dapat diakses lagi. Namun, pihaknya telah mengantongi hasil tangkapan layar dan link URL dari unggahan dugaan ujaran kebencian tersebut.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Hafidz
Editor : Zakiri

Pos terkait