314.559 Rumah Tangga di Kalsel Terdampak Corona

Siti Nuriyani, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel.(Anas Aliando)

Banjarbaru, kalselpos.com – Wabah Corona benar-benar berdampak bagi masyarakat di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Menurut Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kalsel, ada 314.559 rumah tangga yang terdampak Covid-19.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel, Siti Nuriyani kepada Kalselpos.com, Selasa (22/9/2020).

“Dari 314.559 rumah tangga itu bukan orang miskin ya. Cuma terdampak saja. Mereka punya usaha tapi tidak bisa menjalankan usahanya karena ada protokol kesehatan. Akhirnya mereka tidak punya penghasilan,” ujar Nuriyani.

Diutarakannya, kalau nanti  situasi jadi normal kembali diharapkan mereka bisa berusaha lagi seperti semula.

Pemerintah Provinsi Kalsel, beber Nuriyani tidak tinggal diam. Berbagai program bantuan digelontorkan untuk membantu masyarakat yang terdampak langsung Covid-19.

“Pemprov Kalsel menyalurkan bantuan  lewat Jaring Pengaman Sosial Provinsi sebesar Rp19,8 milyar lebih. Setiap KK menerima Rp100 ribu diberikan selama tiga bulan,” cetusnya.

Selain itu, lanjut Nuriyani, Pemprov Kalsel bekerjasama dengan Bulog Kalsel juga menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat yang terdampak langsung Covid-19 di Banua.

Tapi bantuan itu untuk sementara hanya diberikan kepada masyarakat yang termasuk di Program Keluarga Harapan (PKH) saja.

“Jumlah Keluarga Penerima Manfaat PKH di Kalsel sebanyak 95.421 KK. Setiap KK menerima 15 kilogram beras per bulan selama tiga bulan mulai Agustus sampai Oktober,” bebernya.

Nuriyani berujar, untuk sementara Pemprov Kalsel memproritaskan bantuan untuk masyarakat yang masuk dan  terdata di jaring pengaman sosial dulu, karena benar – benar membutuhkan.

“Yang masuk data terpadu beda dengan di jaring pengaman sosial. Karena ini orang terdampak, bukan katagori orang miskin. Mereka punya usaha, punya kegiatan tapi tidak bisa berusaha lagi,” tandasnya.

alselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Pos terkait