Hari Bersih-bersih Sedunia Kalsel dilaksakan di bantaran Sungai Kemuning

  • Whatsapp
Plh Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar (dua dari kanan) memimpin aksi aksi bersih - bersih Sungai Kemuning, Sabtu pagi.(ist)

Banjarmasin, kalselpos.com– Plh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalimantan Selatan (Kalsel), Roy Rizali Anwar ST MT mewakili Gubernur Kalsel, memimpin aksi bersih-bersih Sungai Kemuning, Banjarbaru, Sabtu (19/9) pagi.

Kegiatan peduli lingkungan itu merupakan
Puncak Hari Bersih-bersih Sedunia (World Cleaneup Day) Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Turut hadir, Wakil Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana, Kepala Bappeda Kalsel, Kadis ESDM Kalsel, Kadisbunak Kalsel.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru Sirajoni beserta masyarakat sekitar bantaran Sungai Kemuning yang turut serta membersihkan Sungai Kemuning.

Berdasarkan pantauan media, Roy, begitu sapaan Plh Sekdaprov Kalsel, tanpa ragu dan penuh semangat ikut turun ke bantaran sungai membersihkan Sungai Kemuning dari sampah-sampah sungai.

“Kebetulan hari ini memperingati World Cleanup Day atau Hari Bersih-bersih Sedunia Kalimantan Selatan yang pelaksaannya di bantaran Sungai Kemuning,” ujarnya.

Dikatakan Roy, kegiatan bersih-bersih sungai ini untuk membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, terutama sampah yang ada di sungai.

Sampah yang dipungut di sungai ada yang sampah organik dan anorganik.

Sementara Wakil Wali Kota Banjarbaru, H Darmawan Jaya Setiawan, berterima kasih peringatan World Cleanup Day (WCD) di Banjarbaru dan yang pelaksanaannya di bantaran Sungai Kemuning.

Ia mengajak dan menghimbau masyarakat agar meningkatkan kebersihan lingkungan, walupun dalam kondisi pandemi Covid-19 kebersihan harus tetap dijaga.

“Karena kebersihan ini juga nanti akan berdampak kepada kesehatan kita semua,” katanya.

Jaya mengungkapkan pihaknya juga sudah meminta kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru untuk membuat suatu tim atau pasukan khusus yang bertugas membersihkan sungai.

“Kita harapkan pembersihan sungai itu sama seperti membersihkan jalan yang dilakukan setiap hari,” harapnya.

Jaya juga mengapresiasi dukungan Pemprov Kalsel, terutama Gubernur Sahbirin Noor yang selalu mendukung Pemko Banjarbaru dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Penulis: Anas Aliando/rilhum
Editor: Bambang CE

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.