Berita Nomor 4 , dari 10 Berita Paling Banyak Dibaca Dalam Sepekan :Mahfud MD: 92 Persen Kepala Daerah Dibiayai Cukong

Mahfud MD (Istimewa)

 

Berita Nomor 4 , dari 10 Berita Paling Banyak Dibaca Dalam Sepekan :Mahfud MD: 92 Persen Kepala Daerah Dibiayai Cukong

Bacaan Lainnya

 

kalselpos.com – 92 persen calon kepala daerah yang mengikuti calon kepala daerah yang tersebar di seluruh Indonesia dibiayai oleh cukong atau pengusaha pemilik perusahaan besar di Indonesia.

Demikian itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD dalam sebuah diskusi daring yang bertemakan, Memastikan Pilkada Sehat: Menjauhkan Covid-19 dan Korupsi, diselenggarakan oleh Pusat Studi Konstitusi (Pusako) Fakultas Hukum Universitas Andalas, Jumat (11/9). 

“Sejak Pilkada langsung yang sistem pemilihannya dilakukan oleh rakyat, para cukong banyak yang menabur benih bersama para kontestan Pilkada,” ujar Mahfud.

Kemudian kepala daerah yang terpilih itu ungkapnya, akan melakukan timbal balik dengan memberikan kebijakan yang menguntungkan bagi para cukong tersebut yang melahirkan korupsi kebijakan oleh kepala daerah.

Korupsi kebijakan itu disebutkan Mahfud, biasanya berupa lisensi penguasaan hutan, lisensi tambang, dan lisensi lainnya yang lebih merugikan masyarakat. 

“Korupsi kebijakan itu lebih berbahaya dari korupsi uang. Kalau uang bisa dihitung, tapi kalau kebijakan dalam bentuk lisensi penguasaan hutan, lisensi-lisensi penguasaan tambang yang sesudah saya periksa itu tumpang-tindih,” paparnya.

Korupsi kebijakan ini menurutnya merupakan persoalan yang sangat berbahaya dibandingkan dengan korupsi keuangan. Sebab korup uang bisa dihitung, tapi korupsi kebijakan akan mengakibatkan kerugian bagi masyarakat banyak.

“Misalnya saja kebijakan pemberian lahan yang berujung pada sengketa,” cetus Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Mahfud memang tidak mengatakan para calon yang dibiayai para cukong ini juga ada di Pilkada Serentak 2020 yang telah memulai masa tahapan.

Dia hanya mengatakan kerja sama antara calon kepala daerah dengan para cukong ini sudah pasti terjadi.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Dari berbagai sumber
Editor: Bambang CE

Tinggalkan Balasan