Pemko Harapkan Pilkada 2020 Sukses Dengan Protokol Kesehatan

Rapat Koordinasi Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam rangka mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020 Kota Banjarmasin (Fudail)

Banjarmasin, kalselpos.com – Pemerintah kota (Pemko Banjarmasin) melaksanakan Rapat Koordinasi Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam rangka mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020 Kota Banjarmasin, di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Jumat (18/09/20) pagi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, bahwa pihaknya sudah siap mensosialisasikan protokol kesehatan pada masa Pilkada.

Bacaan Lainnya

“Dinkes siap mensosialisasikan protokol kesehatan dalam masa pilkada di tahun 2020 ini, baik dari gugus tugas maupun bawaslu sendiri,” ujar Machli Riyadi, kepada wartawan.

Ia menjelaskan, di saat pelaksanaan Pilkada tanggal 09 Desember 2020 mendatang pihaknya menjalankan 4 prinsip utama Protokol Kesehatan.

“Pada saat pilkada itu, 4M menjadi prinsip dasar yakni menggunakan masker,  Mencuci tangan, menjaga jarak serta meningkatkan daya tahan tubuh,” bebernya.

Machli juga menyampaikan bahwa sosialisasi ini sudah dilaksanakan kepada seluruh pihak saat rapat koordinasi. Mulai dari pihak penyelenggara, tim sukses sampai pasangan calon kepala daerah.

“Warga dihimbau saat pilkada itu wajib menjalankan protokol kesehatan. Ketika dia datang ke TPS warga maupun petugas wajib menggunakan masker, penyelenggaranya wajib menyediakan Tempat Cuci Tangan Pakai Sabun (TCTPS), menggunakan face shield serta tidak boleh menggunakan bolpoin secara bersamaan,” himbau Machli.

Jika terdapat pelanggaran disaat pelaksanannya nanti, Machli menambahkan, sesuai dengan Perwali No 68 tahun 2020, tetap ditindak dan dilaksanakan sanksi.

Menanggapi hal itu, Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin, Muhammad Yasar mengharap ada tim khusus yang menangani pelanggaran protokol kesehatan di masa Pilkada di Banjarmasin. Baik dari penyelenggara, Pemko Banjarmasin dan penegak keamanan.

“Bersama-sama kita berkomitmen dalam pilkada ini untuk menerapkan protokol kesehatan seperti masker dan cuci tangan serta tetap jaga jarak,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri