Legalitas UMKM Tanbu, Skala Prioritas Pasangan SHM – MAR

Pasangan bakal calon Bupati Tanbu, Syafruddin H Maming (SHM) dan wakilnya, M Alpiya Rakhman (MAR). (Ist)

Batulicin, kalselpos.com– Bakal Calon Bupati, Syafruddin H Maming (SHM) dan wakilnya, M Alpiya Rakhman (MAR), telah menyiapkan sederet program unggulan untuk membangun Bumi Bersujud Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Manakala mereka dipercaya warga untuk memimpin Tanbu, Cuncung sapaan akrab SHM bakal melanjutkan program-program unggulan yang telah digulirkan bupati sebelumnya yakni Mardani H Maming (MHM).

Bacaan Lainnya

Disampaikan oleh Cuncung, untuk program unggulan mereka akan fokuskan pada Tri Dharma Pembangunan nantinya. Untuk prioritas anggarannya dana APBD pada tiga sektor tersebut. 

“Ya, kedepan kita akan lanjutkan program unggulan Tri Dharma, yaitu bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur,” kata Cuncung, pada hari Kamis (17/9).

Tak hanya itu saja beber Cuncung, Dia bersama Alpiya Rakhman juga akan meningkatkan kembali program-program di Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam rangka memutar roda perekonomian di bawah. 

“Dasar paling utama kita akan memfasilitasi UMKM terkait legalitasnya. Untuk pengurusan dan biaya legalitas akan kita bantu sepenuhnya melalui dana APBD,” ujarnya.

Kenapa legalitas? “Ya, karena dengan legalitas bantuan-bantuan akan mudah disalurkan untuk mereka khususnya bantuan dari pusat. Seperti BPOM, sertifikasi halal produk makanan, akta notaris, NPWP, dan lainnya,” jelas Cuncung.

Kemudian, setelah mereka memiliki  legalitas, imbuh Cuncung, bentuk  UMKM juga akan dibekali pelatihan-pelatihan, ketererampilan sesuai dengan bidang dan keahliannya yang akan di jalankannya nanti. 

“Kita akan laksanakan pelatihan-pelatihan yang lebih kreatif, seperti pengembangan pengolahan berbagai macam makanan,” jelasnya.

Tentunya dengan berkembangnya UMKM itu nanti, dia yakin secara otomatis akan membuka peluang dan harapan lapangan kerja bagi masyarakat.

“Kalau UMKM berkembang, secara otomatis lapangan kerja akan terbuka di masyarakat Bumi Bersujud,” pungkasnya.

Demi membangun tanah kelahirannya, Cuncung rela meninggalkan kursi empuk di Senayan, Gedung DPR RI, Jakarta.

Anggota Komisi VII DPR RI ini bakal berpasangan dengan Alpiya Rakhman, pria yang merangkap wakil ketua DPRD Tanah Bumbu. Keduanya mengusung jargon: Bersama Rakyat Kita Menang.

Selain duet milenial yang diusung PDIP, Gerindra dan PPP itu, kontestan lainnya di Pilbup Tanah Bumbu 2020 adalah Zairullah Azhar-M Rusli.

Untuk duet pasangan tersebut diusung oleh sejumlah parpol, seperti PKB, Golkar, PKS, PAN dan NasDem. Selain Zairullah-M Rusli, masih ada nama Mila Karmila. Pengusaha muda satu ini mencoba peruntungannya dengan Zainal Arifin via jalur non partai politik.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Tim/Rilis
Editor: Bambang CE

Tinggalkan Balasan