Dua Ekor Lumba-Lumba Masuk Sungai Barito

Sepasang Ikan Lumba-Lumba yang tersesat ke sungai Barito digiring petugas ke habitat asalnya (Ist)

Banjarmasin, kalselpos.com – Dua ekor ikan lumba-lumba ini ditemukan nelayan tersesat saat memasuki Sungai Barito di Kecamatan aluh-aluh Kalimantan Selatan, Jumat (18/9/2020) petang.

AKP Tony Hartono/
Pawas Mako Aluh-aluh Dit Pol Air Polda Kalsel saat menyampaikan keterangan pers (Ahmad Fauzie)

Diduga ikan mamalia air laut itu tersesat saat mencari makan hingga memasuki anak Sungai Barito. Upaya Tim Gabungan Kepolisian dan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan pun harus menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam untuk mengevakuasi dengan cara menggiring mamalia air asin ini hingga kembali ke habitat asalnya yaitu di laut lepas.

Bacaan Lainnya

Kedua ikan berukuran besar itu, diduga tersesat saat mencari makan hingga memasuki anak sungai Barito Kecamatan Aluh Aluh Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.

Ikan lumba-lumba ini kali pertama ditemukan oleh warga atau nelayan sekitar saat melintasi Sungai Barito

Pawas Mako Aluh-aluh Dit Pol Air Polda Kalsel,AKP Tony Hartono mengatakan, keberadaan Lumba-lumba ini berawal dari informasi nelayan.

“Info awal diterima dari nelayan bahwa di seputar perairan antara Tanipah dan Aluh- aluh, ada dua ekor lumba-lumba, kemudian kami mehubungi Dinas Kelautan dan Perikanan DKP Provinsi dan BKSDA Provinsi untuk memastikan apakah betul jenis ikan besar tersebut adalah lumba-lumba, atau jenis ikan lain,” ucap AKP Toni Hartono kepada kalselpos.com.

Ditambahkannya, setelah adanya kepastian dari DKP Provinsi, ikan tersebut pun digiring menggunakan armada air menuju habitat aslinya.

“Proses pemulangan ikan lumba-lumba tersebut memakan waktu kurang lebih dua jam perjalanan hingga tiba di habitat aslinya,” ungkap Tony.

Tony juga menambahkan, kejadian ini termasuk langka, karena ini merupakan kali pertama dialaminya sejak dirinya bertugas di Pos Pol Air Aluh-Aluh.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Zakiri

Tinggalkan Balasan