World Clean Up 2020, IIKPA Batara Kalsel Sambangi Bank Sampah Kenanga

IIKPA Batara yang menyambangi Bank Sampah Kenangan Jalan Sultan Adam Komplek Mahligai Banjarmasin Rabu (16/9/2020) (ist)

Banjarmasin,kalselpos.com – Berkaitan dengan peringatan Hari Bersih-bersih Sedunia atau World Clean Up 2020 yang hari puncaknya diperingati setiap 19 September mendatang, belasan emak-emak dari Ikatan Istri Karyawan dan Pensiunan Bank Tabungan Negara (IIKPA Batara) Kalimantan Selatan, melakukan sedekah sampah di Bank Sampah Kenaga, Rabu (16/9/2020) kemarin.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan peduli lingkungan ini, mereka langsung memilah berbagai jenis sampah, baik sampah kering atau sampah non organik seperti bekas botol air kemasan dan lain sebagainya mereka sumbangkan atau sedekahkan pada Bank Sampah yang beralamat di Jalan Sultan Adam Komp Mahligai Blok C RT 12 RW 02 Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin itu.

Koordinator IIKPA Batara,Mutia Cahya mengatakan,hal ini dalam rangka ikut menjaga lingkungan. “Kita melakukan ini sebagai wujud kepedulian untuk turut menjaga lingkungan agar selalu bersih. Seperti melakukan pemilahan jenis sampah non organik berupa bahan-bahan plastik seperti bekas botol air mineral dan organik seperti bekas kulit buah dan sisa sayuran,” ucap Mutia Cahya kepada kalselpos.com.

Seluruh sampah yang diberikan ke Bank Sampah Kenanga ini, nantinya digunakan untuk bahan kerajinan, sedangkan yang organik digunakan untuk pembuatan pupuk kompos.

Pada kesempatan itu,para ibu-ibu ini juga diajarkan cara membuat pupuk organik atau pupuk kompos oleh pengiat Bank Sampah Kenanga.

Penggiat lingkungan sekaligus ketua Bank Sampah Kenanga Hj.Fatmawati menyebutkan, sampah non-organik yang disetor pada bank samapah Kenanga ada sekitar 25 kilogram berupa botol air mineral.

“Disini kita tidak memandang nilai rupiahnya namun rasa kepedulian dari mereka yang telah mau ikut melakukan aksi kepedulian terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Wanita dengan sapaan Fatma itu berharap aksi ini bisa terus berlanjut untuk menjadi nasabah bank sampah Kenanga.

“Tentunya kita berharap hal ini bukan hanya sebatas kegiatan serimonial saja namun bisa terus berlanjut menjadi nasabah Bank Sampah,” harapnya.

Ketua Bank Sampah Kenanga yang sudah eksis sejak 2011 ini, juga membagikan souvenir berupa sabun mandi pada nasabahnya. Hal itu sebagai wujud kepedulian untuk turut peduli dalam menjaga kebersihan terlebih di masa pandemi ini.

“Jadi perilaku hidup bersih dan sehat tetap diutamakan, terlebih dalam pandemi Covid 19 ini, imbuh ibu dua anak ini.

Bank Sampah Kenanga, adalah satu wadah penampung sampah sekaligus pengolahan sampah. Bedanya dari TPS, Sampah di tempat ini bisa ditukarkan menjadi rupiah.

Di Kota Banjarmasin ada beberapa Bank Sampah yang sering dimanfaatkan masyarakat. Satu di antaranya ialah Bank Sampah Kenanga yang berbeda di Kompleks Mahligai, Jalan Sultan Adam, Sungai Jingah, Banjarmasin ini. Bagi masyarakat yang ingin sampahnya menjadi rupiah,bisa menjual sampahnya ke tempat itu setiap hari Minggu.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Zakiri