TP-PKK gelar Pelayanan Pemeriksaan Kanker Serviks di Desa Hilir Muara

  • Whatsapp
Pelayanan pemeriksaan kanker serviks gratis bagi warga Desa Hilir Muara.

Kotabaru, kalselpos.com –  Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kotabaru Hj Fatma Idiana Sayed Jafar bersama dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas yang terkait dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kotabaru memberikan pelayanan pemeriksaan kanker serviks gratis dan pencanangannya bagi warga masyarakat yang ada Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulaulaut Sigam, di Pondok Bersalin Desa (Polindes) setempat, Kamis (17/9).

Bacaan Lainnya

Ketua TP-PKK Kotabaru Hj Fatma Idiana Sayed Jafar mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan ini diikuti empat orang masyarakat yang nantinya akan disusul masyarakat lainnya secara bertahap, yang mana sebelumnya telah melakukan rapid test dan melaksanakan protokol kesehatan, karena mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Untuk Kabupaten Kotabaru pemeriksaan Iva Test ini ada sebanyak 750  yang dilaksanakan mulai dari bulan September hingga Desember tahun 2020 ini yang disebar keseluruh kecamatan yang ada diwilayah Kabupaten Kotabaru,” ucapnya.

“Pemeriksaan kanker serviks yang dilakukan ini untuk mendeteksi kanker secara dini, agar penderita yang positif segera mendapatkan penangan medis karena kanker serviks atau kangker leher rahim memiliki gejala yang minim, sehingga hanya dapat dirasakan ketika sudah memasuki kategori parah,” tambahnya.

Dikesempatan ini Ketua TP-PKK yang didampingi Ketua TP-PKK Kecamatan dan Camat Pulaulaut Sigam juga memberikan edukasi  tentang pentingnya deteksi dini kanker leher rahim, terutama untuk menyelamatkan kaum perempuan dari penyakit mematikan ini.

Untuk mendeteksi kanker serviks ini dilakukan diPuskesmas, Polindes atau Bidan di Kecamatan masing-masing, pemeriksaan akan berlangsung singkat dengan hasil yang akurat.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliana
Editor : Aspihan Zain

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.