Kolonel Laut (P) Sandharianto Tegaskan Prajurit harus mampu menjadi solusi bagi masyarakat

  • Whatsapp
Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto saat ditemui kalselpos.com diruang kerjanya. (mul)

Banjarmasin,kalselpos.com – Sebagai Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) dituntut harus mampu berperan dan berkontribusi berinovasi positif dalam mewujudkan ketahanan wilayah, baik dari aspek pertahanan maupun kesejahteraan.

Keberadaan pangkalan tidak saja untuk kepentingan TNI AL, namun juga untuk kepentingan daerah setempat.

Advertisements

Bacaan Lainnya

Selain membantu Pemerintah Daerah (Pemda) untuk penegakan disiplin dalam penanggulangan wabah Virus Corona (Covid-19), Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto mengungkapkan, juga melaksanakan ketahan pangan atas dasar perintah dari pimpinan.

Adapun ketahan pangan yang sudah dilaksanakan adalah di pos-pos Lanal yang memilik sebanyak 14 pos.

“Saya sudah perintahkan kepada anggota yang ada dilingkup pos masing-masing, karena tidak ada punya lahan tanah, jadi mereka berinovasi dengan cara membuat tempat sendiri dengan membuat dari bahan kayu bekas dan membeli kayu baru yang digunakan untuk membuat tempat dan juga menggunakan polybag,” ungkap pria yang memiliki garis keturunan Rantau, Kabupaten Tapin, Kalsel, pada Rabu (16/9/20).

Berbekal tempat seadanya yang digunakan untuk menanam bibit, baik itu tomat, cabai, selada, jagung, ketela pohon dan banyak lagi tanaman bermanfaat lainya.

Alhasil inovasi itu membuahkan hasil dan bermanfaat. Hasilnya pun tidak hanya dinikmati oleh anggota Lanal di pos itu sendiri, akan tetapi juga bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar.

Sementara masyarakat sekitar yang notabenenya mereka yang taunya hanya lauk ikan sehari-harinya, namun adanya inovasi ketahan pangan yang dibuat oleh para anggota Lanal yang bertugas di pos tersebut, mereka juga menikmati hasilnya.

“Kami pun mempersilahkan kepada warga sekitar untuk hasil yang kami buat itu, justeru itu tujuan kami,” katanya.

Demikian itu bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, sehingga masyarakat mau ikut menanam, memelihara tanaman yang bermanfaat tersebut.

Selain itu, Lanal Banjarmasin juga membuat tambak ikan nila yang bertempat di guntung payung, Banjarbaru.

Sebagai Komandan Lanal, dia berulang kali menegaskan kepada seluruh prajurit Lanal yang bertugas di pos bahwa peran kehadiran sebagai TNI AL ini jangan sampai menjadi beban kepada masyarakat.

“Harus mampu menjadi solusi bagi masyarakat, ketika masyarakat datang ke kita, maka berikan solusi yang bijak, supaya mereka merasa nyaman, aman, damai dengan kehadiran kita,” cetusnya.

Ia juga memaparkan, Lanal Banjarmasin memiliki 14 pos, yakni 7 pos di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), 7 pos di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel). Di bagian paling timur mempunyai pos di Sungai Danau, bagian paling barat di Kuala Jelai yang berbatasan dengan Kalimantan Barat (Kalbar).

alselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliadi

Advertisements

Tinggalkan Balasan