IKN pindah ke Kaltim, Inkindo Kalsel tak mau jadi Penonton

Syamsul Arifin, Ketua Inkindo Kalsel.(Anas Aliando)

Banjarmasin,kalselpos.com – Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru Indonesia dari Jakarta ke Kaltim disambut antusias yang luar biasa dari berbagai pihak.

Respons positif salah satunya datang dari Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Kalsel.

Bacaan Lainnya

“Harapan besar kita pelaku usaha industri dan konstruksi di Kalsel nantinya  ikut berperan dalam membangun ibu kota negara,” ujar Ketua Inkindo Kalsel, Syamsul Arifin kepada kalselpos.com, Kamis (17/9/2020).

Disampaikannya, untuk mewujudkan harapan itu, maka Inkindo Kalsel  bersama organisasi serupa lainnya mengadakan dialog mengambil tema ‘Penyiapan Sumber Daya Dalam Pembangunan Infrastruktur Guna Mendukung Pembangunan IKN’ bertempat di salah satu hotel berbintang di Kota Banjarmasin, Kamis (17/9/2020).

“Jika tidak dipersiapkan dari sekarang maka kita bisa saja hanya jadi penonton dan terpinggirkan seperti di Jakarta. Yang membangun infrastruktur banyak dari luar ketimbang lokal,” bebernya.

Syamsul mengharapkan, pemindahan IKN bisa berdampak bagus dan membawa angin segar bagi konsultan di Kalsel, Kalteng, Kalbar, Kaltara dan Kaltim sendiri.

“Kita tidak mau hanya mendapatkan dampak negatifnya saja. Kita tidak mau jadi penonton. Jadi kita harus bersatu, kalau tidak maka akan kalah bersaing,” cetusnya.

Syamsul menambahkan, hasil dari dialog ini akan diberikan kepada pemerintah sebagai bahan rekomendasi.

Dialog yang dilaksanakan secara virtual itu menghadirkan beberapa narasumber diantaranya, Anggota Komisi V DPR RI, Rifqi Nizami Karsayuda, Kepala Bappeda Kalsel, Nurul Fajar Desira dan Wali kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

alselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE