Pemprov Kalsel berikan rekomendasi atasi Banjir di Satui

Banjir yang terjadi di salah satu desa di Kecamatan Satui akibat meluapnya sungai Satui, baru-baru ini.(Ist)

Batulicin,kalselpos.com – Seringnya banjir yang terjadi dibeberapa desa di wilayah Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), lebih disebabkan meluapnya sungai Satui karena tidak mampu lagi mendistribusikan debit air pada saat musim hujan. 

Bacaan Lainnya

Menyikapi hal tersebut Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemrov Kalsel), melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)  Kalsel berinisiatif untuk mengundang Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Tanbu untuk menghadiri zoom meting di Banjarmasin.

Hal itu disampaikan oleh Rahmat Prapto Udoyo selaku Kepala DLHD Tanbu kepada kalselpos.com, Selasa (15/9) sore di ruang kerjanya.

“Untuk mengatasi banjir di Kecamatan Satui, Pemerintah Provinsi Kalsel telah memberikan rekomendasi dengan beberapa tahapan, yakni perencanaan membuat bangunan infrastruktur sementara dengan sistem normalisasi aliran sungai setempat,” ungkap Rahmat.

Dijelaskan, dalam tahapannya, mulai dari pembahasan awal, antara, akhir dan tahapan action atau pelaksanaan, tentunya hal itu masih membutuhkan waktu dan proses anggarannya.

“Banjir yang terjadi disebagian desa di sekitaran sungai Satui, merupakan banjir kiriman dari dua aliran anak sungai. Pertama sungai Tambilan dan sungai Jombang. Kemudian sungai yang ada di Satui juga tidak terlalu lebar, akibat adanya penyempitan secara alami,  sehingga air yang mengalir tidak begitu lancar,” papar Rahmat.

Melihat kondisi seperti itu, terang Rahmat, sebenarnya dibutuhkan pembuangan air, selain sungai Satui dengan membangun kanal sebagai pemecah arus sungai.

“Kendati demikian, untuk membuat kanal tentunya membutuhkan anggaran yang cukup besar. Jadi, kita lihat dulu apakah normalisasi sungai efektif dilakukan atau tidak dalam mengatasi luapan sungai di sekitaran Satui pada saat musim hujan,” pungkasnya. 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE

[jetpack-related-posts]