Dinkes Banjarmasin Tunda Screening Pendatang Asal Jakarta

Resmi, Dinkes Banjarmaskn tunda pemeriksaan atau upaya screening pada pelaku perjalanan asal DKI Jakarta (ist)

Banjarmasin,kalselpos.comPelaksanaan screening bagi penumpang di Bandara Syamsuddin Noor dengan tujun Banjarmasin akhirnya resmi ditunda. Padahal pelaksanaan upaya pendeteksian dini kasus virus Corona atau Covid-19 itu baru berjalan satu hari, yakni pada Selasa 15 September kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin , Machli Riyadi mengatakan, keputusan tersebut diambil lantaran adanya surat dari Sekteriat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan dengan Nomor 360/1094/BPBD/2020 tanggal 13 September 2020 tentang pemeriksaan swab pelaku perjalanan dari Provinsi DKI Jakarta ke Banjarmasin.

Bacaan Lainnya

Sehubungan dengan hal itu, Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, KKP dan Pihak Angkasa Pura terkait dengan rencana pelaksanaan upaya tersebut agar tidak menimbulkan permasalahan baru dilapangan.

“Karena masih bertentangan dengan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020 dan peraturan lainnya yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat, maka sepakat untuk sementara ditunda sambil menunggu peraturan baru yang akan segera dikeluarkan,” ungkapnya pada awak media, Rabu 16/09/2020) siang.

Menurut mantan Wadir Administrasi dan Keuangan RSJ Sambang Lihum itu, screening yang dilakukannya tersebut merupakan bentuk kewajiban pemerintah daerah untuk melindungi masyarakatnya. Terutama screening terhadap pelaku perjalaan luar daerah khsusus dari Jakarta yang masuk ke Kota Banjarmasin.

“Itu tanggung jawab Pemko Banjarmasin,” tukasnya.

Pasalnya, ia melihat Pemerintah DKI Jakarta saat ini sudah menarik remnya. “Itu menunjukkan bahwa kondisi di daerah sana sudah bahaya,” ujarnya.

Ia menekankan, tujuan screening bagi warga yang datang dari Jakarta menuju ke Banjarmasin itu merupakan tanggung jawab pemerintah daerah dalam melindungi masyarakat. Namun, denga adanya surat dari Plt Sekretaris Daerah
Provinsi Kalimantan Selatan, Selaku Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19, sehingga upaya pencegahan yang dilakukannya itu terpaksa ditunda untuk sementara.

“Kita ikuti saja dan saat ini sedang kita kordinasikan lagi,” terangnya.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina berharap adanya surat tersebut tidak mengurangi tingkat kewaspadaan masyarakat terhadap bahaya yang ditimbulkan oleh virus yang menginfeksi jaringan pernapasan manusia itu.

Orang nomor satu di Kota Baiman itu menambahkan, jika kondisi Jakarta sudah dinyatakan seperti ini, sedapat mungkin pihaknya akan melakukan screening dari Bandara internasional Syamsudin Noor. Paling tidak pengecekkan suhu tubuh, tetapi yang paling akurat itu dilakukan swab.

“Kita hormati dengan adanya surat dari Sekda Prov ini untuk menunda sementara screening dari Dinkes, tetapi tidak mengurangi kewaspadaan kita khusus kota Banjarmasin,” tandasnya.

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri