Pemko harus tanggung jawab THM buka di masa Pandemi

  • Whatsapp
Pengamat Kebijakan Publik, Dr H. Ahmad Murjani, Mkes, SH MH. (dik)

Banjarmasin,kalselpos.com – Pengamat kebijakan publik dan pemerintahan, Dr H Ahmad Murjani Mkes SH MH menilai bahwa tetap beraktivitasnya Tempat Hiburan Malam (THM) di Kota Banjarmasin apapun dalihnya tetap mengambil kebijakan Pemko yang harus bertanggung jawab.

Pasalnya perizinan, pengawasan dan penindakan sepenuhnya wewenang seorang pejabat daerah, terlebih sekarang penyebaran Covid-19 yang kita rasakan ini semakin bertambah.

Advertisements

Bacaan Lainnya

“Regulasi izin THM sudah di atur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Banjarmasin, hal itu haruslah ada ketegasan. Jangan sampai jadi klaster baru penyebaran Covid-19,” tukas Murjani, Selasa (15/08).

Dikatakannya, sejauh ini dinas pariwisata perlu melakukan evaluasi yang terukur terhadap sejumlah THM yang nekat beroperasi di tengah situasi pandemi Covid-19, kajian potensi terpaparnya virus mendunia ini harus dilakukan agar tidak ada tudingan miring.

“Seharusnya sudah ada tindakan tegas terhadap THM yang beroperasi, karena tidak ada jaminan orang masuk THM taat Protokol kesehatan, baik jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, pakai masker dan lainnya,” sebutnya.

Menurutnya, hal ini adalah situasi dan kondisi yang patut mendapat perhatian serius oleh Pemko
Banjarmasin menindak lanjuti keluhan masyarakat.

Ditegaskannya, persoalan ini harus tegas, tentu yang bertanggung jawab adalah Pemko dinas terkait, tanpa ada teguran atau sanksi bahkan sampai pencabutan perizinan, pemilik atau pengelola THM tetap ingin buka terus.

Saat ini masih belum terlambat melakukan evaluasi, lihat THM yang berizin dan beri masukan atau teguran kalau tidak taat masih terjadi pelanggaran jangan segan segan bertindak sesuai aturan sampai melakukan penutupan, bahkan perlu pencabutan izin operasi.

“Aparat pengaman Perda kan sudah ada, baik Satpol PP dan melibatkan dinas terkait dan koordinasikan bantuan ke pihak kepolisian Polresta Banjarmasin dalam melakukan penindakan,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sidik
Editor : Muliadi

Advertisements