Pansus Undang Gugus Tugas Bahas Laporan Kegiatan dan Anggaran

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melaksanakan Pansus dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat. (ist)

Barabai,kalselpos.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melaksanakan Pansus dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat.

Bacaan Lainnya

Pemerintah Daerah dihadiri oleh Pj. Sekda HST H Faried Fakhmansyah dalam rapat kerja yang dilakukan di ruang rapat DPRD HST, Selasa (15/09).

Ketua Pansus Covid-19 DPRD HST dan sekaligus Pimpinan rapat Erwin Jacky S meminta kepada gugus tugas Covid-19 untuk melaporkan realisasi kegiatan yang dilaksanakan dan realisasi Anggaran SKPD terkait anggaran covid-19 selaku gugus tugas Covid-19 di HST. Pimpinan rapat meminta penjelasan secara detail dari masing-masing SKPD anggota Tim Gugus Tugas.

Di kesempatan itu, Pj.Sekda HST H.Faried Fakhmansyah mewakili gugus tugas menjelaskan, bahwa sebagaimana informasi dari Dinas Kominfo yang keluar mengenai perkembangan covid-19 di HST pertanggal 14 September 2020 terkonfirmasi positif covid-19 425 orang. Pasien dalam perawatan 103 orang, Pasien Sembuh 294 orang dan meninggal 28 orang, melihat perkembangan di HST cenderung masih meningkat.

Guna mengurangi penularan Covid-19 cara paling efektif adalah patuhi Protokol kesehatan baik di perkantoran, tempat kegiatan maupun di tempat umum. Yang mana sejak hari ini penerapan Perbup Nomor 34 Tahun 2020 sudah dilaksanakan dengan tegas, mulai ada peneguran terhadap pelanggar protokol kesehatan, “Untuk sanksi diberlakukan mulai 20 September 2020. Tiga hari sebelum diberlakukan Perbup tersebut SKPD diharapkan sudah selesai mensosialisasikan,” katanya.

H.Faried Fakhmansyah menyampaikan, perihal perayaan Maulid Nabi hasil musyawarah dengan para Alim ulama, Maulid yang biasanya meriah tetap boleh dilaksanakan tetapi tetap ada pembatasan.

“Pada kesempatan ini seluruh anggota Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 banyak yang hadir, berkenaan dengan laporan realisasi anggaran dan kegiatan Tim Gugus Tugas nantinya masing-masing SKPD akan melaporkan sesuai tugas dan kewenangannya di dalam mengatasi pandemi covid-19 di Kabupaten HST dan nantinya bila ada yang perlu didiskusikan kita diskusikan bersama,” tutup Sekda.

Dinas Kesehatan oleh Sakdillah Sekretaris Dinkes HST melaporkan kondisi terkini update covid-19 terkait jumlah orang terkonfirmasi positif covid-19 dan tempat karantina di gedung eks Akper dengan kapasitas 26 tempat tidur.

“Saat ini dihuni sebanyak 26 orang terkonfirmasi covid-19 dan ruang isolasi RSUD H.Damanhuri Barabai kapasitas 16 tempat tidur saat ini dihuni sebanyak 15 orang pasien suspek covid-19,” jelasnya.

Berdasar hasil swab masif program dari Prove Kalsel pelaksanaan tanggal 14 – 17 Agustus 2020 dengan target 661 orang terealisasi 659 orang (99,7%), konfirmasi (+) 95 orang (14,4%), kemudian pelaksanaan swab masif oleh Bank BNI cabang Barabai tanggal 15 Agustus 2020 dengan peserta swab 437 orang konfirmasi (+) 16 orang (3,6%).

Kesempatan itu, dilaporkan pula realisasi anggaran covid-19 dari Dinas Kesehatan dan seterusnya dilanjutkan Laporan oleh seluruh SKPD yang hadir dalam rapat kerja.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: adiyat
Editor : wandi

Pos terkait