Anggota DPRD Kotim pantau Terminal Khusus dan TUKS

  • Whatsapp
M. Kurniawan Anwar S.Kom anggota DPRD Kotim (kanan) bersama koresponden kalselpos.com (kiri) dalam sebuah wawancara di Sampit. (Ist)

Sampit, kalselpos.com.-Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IV bidang infrastruktur DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalteng menegaskan, tugas utama KSOP adalah di bagian kepelabuhan dan gerak kapal.

Hal itu dikatakan M.Kurniawan Anwar S.Kom, anggota DPRD Kotim dari PAN, yang juga anggota Komisi IV Bidang Infrastruktur, belum lama ini di Sampit.

Advertisements

Bacaan Lainnya

“Kami mempertanyakan bagaimana yang dimaksud pelabuhan, bagaimana mekanisme pengawasan instansi yang berwenang terhadap Tersus (Terminal Khusus) dan TUKS (Terminal Khusus untuk Kepentingan Sendiri) yang ada di Kotim,” ujarnya.

Kemudian disebutkannya, terbitnya PM 20 tahun 2017 merupakan acuan yang harus di patuhi. Pasal 8 ayat 2 hurup b menjelaskan persyaratan teknis.

Kemudian pasal 13 dan 14 menjelaskan izin dapat dicabut apabila ada ditemukan indikasi tidak memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan.

Sedangkan materi rapat terkait detail tata ruang Kabupaten Kotim, menurutnya, harus melibatkan banyak stakeholder dan pihak eksekutif lainnya.

“Tapi yang hadir hanya tiga perusahaan yang bergerak di bidang Tersus dan TUKS. Oleh sebab itu kami akan mengagendakan kembali mengundang stakeholder sesuai data Tersus dan TUKS di kotim,” ujarnya.

Ditegaskannya, pihaknya sangat mendukung investasi, tapi investor juga harus memperhatikan dampak sosial dan dampak lingkungan sekitar, sehingga bisa tercipta kerukunan berusaha dan bermasyarakat.

“Dan tidak kalah penting, Pemerintah Daerah harus hadir bersama DPRD untuk membuat sebuah regulasi, agar ada peningkatan PAD terhadap aktivitas tersebut,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Ruslan AG
Editor: Bambang CE

Advertisements

Tinggalkan Balasan