Kadisdikbud Kalsel bangga SMAN 5 Banjarmasin punya Masjid

Kadisdikbud Kalsel, Muhammad Yusuf Efendi (kanan) melihat papan nama Masjid Noor Khaamis SMAN 5 yang baru diresmikan, Senin siang.(Anas Aliando)

Banjarmasin,kalselpos.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Provinsi Kalsel, Muhammad Yusuf Efendi mengaku bangga dengan segala prestasi dan inovasi yang dilakukan SMAN 5 Banjarmasin selama ini.

“Kita sangat bangga dengan kemajuan yang diraih SMAN 5 Banjarmasin. Salah satunya dibidang pendidikan agama karena ini sangat penting sebagai pendidikan akhlak dan budi pekerti,” ujar Yusuf kepada kalselpos.com usai menghadiri acara peresmian Masjid Noor Khaamis yang berdiri megah di lingkungan sekolah yang berlokasi di Jalan Sultan Adam Banjarmasin, Senin (14/9/2020).

Bacaan Lainnya

Yusuf mengatakan, satu-satunya sekolah SMA yang mempunyai masjid sendiri cuma SMAN 5 Banjarmasin.

“Ini sangat membanggakan bagi kita semua. Artinya pendidikan umum itu penting, namun pendidikan spritual atau agama yang membentuk akhlak itu juga sangat penting. SMAN 5 Banjarmasin berhasil memadukan keduanya,” ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Sekolah SMAN 5 Banjarmasin, Mukhlis Takwin menjelaskan, masjid yang diresmikan berukuran 17 X 17 Meter. Waktu pembangunan selama sembilan bulan.

“Masjid yang kami bangun ini menelan biaya sebesar dua milyar rupiah  lebih. Dana pembangunan berasal dari infak para guru dan orang tua murid serta bantuan dari berbagai pihak,” ungkapnya.

Sedangkan alasan kenapa masjid diberi nama Noor Khaamis, Mukhlis menjelaskan, secara harfiah arti Noor Khaamis adalah cahaya lima dimana masjid dibangun dengan lima menara.

“Masjid sangat penting sebagai media pendukung utama pembinaan karakter yang bercahaya bagi sekeliling, khususnya sisi religiusitas, iman dan takwa bagi peserta didik,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Pos terkait