Bank Kalsel berkomitmen meningkatkan peran di Sektor Pertanian

  • Whatsapp
Dirut Bank Kalsel, Agus Syabarrudin (kanan) dalam kegiatan Gathering bersama kelompok tani dan Stakeholder di Anjir Muara, Batola.(Ist)

Marabahan, kalselpos.com – Bank Kalsel sebagai agen of development atau agen pembangunan di Banua, terus berkomitmen meningkatkan perannya di segala sektor, termasuk sektor pertanian.

Sebagai wujud meningkatkan pelayanan kepada petani, Bank Kalsel bersama Pemkab Batola mengadakan gathering bersama kelompok tani dan stakeholder bertempat di Gudang SRG, Kecamatan Anjir Muara, Kamis (10/9/2020) kemarin.

Advertisements

Bacaan Lainnya

“Dari diskusi  hari ini, banyak hal yang dapat kita dapat, informasikan tentang upaya Bank Kalsel sebagai Bank Pembangunan Daerah, terkhusus bagi sektor pertanian,” ujar Dirut Bank Kalsel, Agus Syabarrudin usai kegiatan.

Pertemuan itu juga  diisi  praktisi pertanian dari Institit Pertanian Bogor (ITB), Ir Cecep Sadikin yang memberikan paparan atau bimbingan kepada para petani agar bisa mengoptimalkan lahan pertanian yang dimilikinya.

Agus Syabarrudin mengatakan, kegiatan Gathering tidak terhenti sampai disini. Masih ada upaya yang harus direalisasikan, diantaranya Bank Kalsel harus memiliki upaya nyata yang bisa menjembatani antara prodential banking dengan kebutuhan petani.

“Di era digita 4.0 seperti sekarang, mau tidak mau kita harus berkolaborasi antar pihak agar bisa berjalan dengan baik,” cetusnya.

Bank Kalsel, lanjut Agus, tidak menutup kemungkinan  akan bekerjasama secara digital khusus untuk menangani pembiayaan bagi petani. 

“Yang terpenting adalah bagaimana kita membangun sebuah ekosistem keuangan daerah yang bisa membatu mensejahterakan petani menuju ketahanan pangan nasional sebagai strategi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” imbuhnya.

Mengenai kemudahan pemberian pembiayaan yang disampaikan para petani,  menjadi catatan penting bagi pihaknya agar bisa lebih berinovasi dalam hal pelayanan.

“Kita akan berupaya untuk menjadikan lembaga perbankan ini sebagai intermediari antara lembaga yang mengumpulkan dana masyarakat kemudian menyalurkan kepada mereka yang membutuhkan, termasuk kebutuhan petani. Upaya improvisasi dan perbaikan proses kredit yang sesuai dengan kebutuhan para petani  akan terus dikembangkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Gapoktan Rawa Makmur, Desa Danau Karya, Kecamatan Anjir Pasar, mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan yang diprakarsai  Bank Kalsel.

“Dengan adanya kegiatan ini setidaknya bia memberikan sebuah gambaran kepada para petani untuk meringankan permaslaahan yang berkaitan dengan modal usaha bagi para petani,” ujarnya.

Menurut pria yang sering mendapat penghargaan sebagai petani teladan itu, modal untuk membangun usaha tani tidak sedikit.

“Dengan adaya kegiatan ini lnsyaa Allah akan membuka peluang, terutama bagi para petani agar mampu mengembangkan usaha taninya untuk lebih produktif,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Advertisements

Tinggalkan Balasan