RDP Dewan Bahas 4 Persoalan

  • Whatsapp
Ketua LSM Formula, MS Merkan.

Kotabaru, kalselpos.com – Rapat Dengar Pendapat (RDP) awal pekan kemarin membahas empat permasalahan yang menjadi perhatian salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Formula di Kabupaten Kotabaru, seperti halnya perizinan pembangunan sarang walet, ketenagakerjaan, BLT DD yang harus tepat sasaran dan terkait kenaikan listrik yang melonjak.

2. Kalangan Instansi yang hadir dalam RDP DPRD.

Rapat berlangsung di ruang rapat gabungan fraksi yang dipimpin oleh Ketua Komisi I, Edriansyah yang juga dihadiri oleh perwakilan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru.

Advertisements

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatannya, disampaikan oleh Muhammad Sultan Merkan selaku Ketua LSM Formula bahwa, berdasarkan pantauan pihaknya di lapangan banyak pengusaha sarang walet yang menurutnya tidak sesuai dengan Peraturan Daerah sebagaimana yang telah diatur.

“Selain itu, menjadi perhatian kami juga terkait dengan UU nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan harus ada Peraturan Bupati atau Peraturan Gubernur yang mengaturnya dan harus melibatkan tenaga lokal,” ujarnya.

Permasalahan tarif listrik PLN juga tak luput dari pembahasannya dan pihak PLN telah menjanjikan akan turun kelapangan dan sebisa mungkin menurunkan biaya.

“Sekarang kan masih dalam situasi pandemi Covid-19 dengan begitu sudah selayaknya menjadi perhatian bersama. Begitu juga dengan penyaluran dana BLT DD yang harus tepat sasaran dan itu harus benar-benar mendapatkan pengawasan yang baik sehingga masyarakat penerima sesuai dengan apa yang diharapkan,” jelasnya kemudian.

Dari sekian penyampaian oleh kalangan LSM yang ditanggapi oleh Ketua Komisi I adalah tentang sarang burung walet. “Adapun dampak dari sarang burung walet adalah dari segi ekonomi dan Sosial, dan yang menjadi pokok persoalannya adalah dampak Sosial, karena pelaku usaha harus memahami warga sekitar gadung sarang burung walet,” tutur Edriansyah.

menjadi harapannya, pengusaha sarang burung walet mesti memiliki ijin bangunan walet dan ijin pengelolaannya agar bersenergi antara pengusaha dan masyarakat sekitar bangunan sarang walet. “Terkadang menjadi permasalahan ditengah masyarakat adalah bunyi suara panggilan dan itu juga harus menjadi perhatian,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fauzi
Editor : Aspihan Zain

Advertisements

Tinggalkan Balasan