KPU Tanbu terapkan Protokol Kesehatan hindari Klaster Baru

  • Whatsapp
Ketua KPU Tanbu, Makruri SE saat membacakan sambutan dalam deklarasi dan komitmen paslon Pilkada Tanbu untuk mematuhi protokol kesehatan.(Ist)

Batulicin,kalselpos.com – Supaya tidak terjadi dan menyebarkan klaster baru Covid-19 pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Tahun 2020, KPU setempat mempertegas semua kegiatan untuk melakukan penerapan protokol kesehatan.

Disampaikan Makruri SE selaku Ketua KPU Tanbu pada saat deklarasi ikrar pencegahan Covid-19 pada hari Kamis (10/9) di halaman KPU Tanbu, Dari pendaftaran para calon pemimpin daerah beberapa hari lalu, masih terlihat adanya kerumunan massa dan sebagainya. 

Advertisements

Bacaan Lainnya

2. Apel deklarasi ikrar penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 para paslon Pilkada dan partai pendukung, Kamis (10/9) di halaman KPU Tanbu.(Ist)

“Oleh sebab itu, kedepan kita bersama-sama untuk berkomitmen menekankan kepada semua pihak agar menerapkan protokol kesehatan, baik kami selaku penyelenggara maupun peserta dan para tim relawan pendukung,” kata Makruri. 

Kemudian Makruri juga mengatakan, pihaknya menggandeng TNI dan Polri untuk turut serta mengimbau warga agar mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan, jangan sampai terjadi pada tanggal 9 Desember 2020 nanti ada klaster baru, yaitu klaster Pilkada.

“Terkait dengan penerapan protokol kesehatan nantinya akan lebih diperketat pada saat kampanye, debat calon, dan pada saat pemungutan serta penghitungan suara, ujar Makruri

Diperjelas lagi oleh Makruri, untuk jumlah massa yang menghadiri debat calon dan saat kampanye, pihaknya belum bisa memberikan keterangan, berapa jumlah dan bagaimana tempatnya, sebab tahapan itu masih menunggu arahan dari KPU RI. 

Diharapkan, usai diadakannya deklarasi dan komitmen bersama ini, semua pihak benar-benar mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Terpisah, Kamiludin Malewa selaku Ketua Bawaslu Tanbu, mengatakan, terkait dengan sanksi atau hukuman bagi mereka para peserta yang terlihat dan kedapatan oleh petugas melanggar protokol kesehatan, pihak Bawaslu
Tanbu hanya bisa merekomendasikan kepada KPU Tanbu. 

“Untuk langkah-langkah selanjutnya pihak KPU Tanbu yang akan menindak lanjuti sesuai dengan regulasi-regulasi aturan yang ada,” terangnya.

Semua itu papar Kamiludin tergantung pihak KPU nanti, seperti apa bentuk hukuman dan sanksinya nanti. Kendati demikian, manakala si pelanggar protokol kesehatan Covid-19  dari pihak penyelengara dalam hal ini KPU, secara otomatis pihak Bawaslu yang akan memberikan sanksinya.

Kamuludin mengajak semua pihak agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sampai dengan perhitungan suara nanti. hal ini demi menjaga keamanan, kenyamanan proses Pilkada 2020.

Diinformasikan, pada giat acara deklarasi ikrar komitmen pencegahan Covid-19 yang dilaksanakan di halaman Kantor KPUD Tanbu tersebut, telah dihadiri Kapolres Tanbu Kodim 1022 TNB, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala BPBD, Kepala Dinas Kesbangpol, serta Perwakilan partai pendukung paslon dalam Pilbup Tanbu 2020 ini. 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE

Advertisements

Tinggalkan Balasan