2 Desa di Kotabaru masuk Penilaian Proklim

Sekda) Kabupaten Kotabaru Drs H Said Akhmad MM menerima kunjungan Tim Program Kampung Iklim (Proklim) Provinsi Kalimantan Selatan.

Kotabaru, kalselpos.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotabaru Drs H Said Akhmad, MM menerima kunjungan Tim Program Kampung Iklim (Proklim) Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi, Kamis (10/9).


Kunjungan tim Proklim ini untuk  memberikan pembinaan langsung kepada dua desa yang terpilih untuk menghadapi penilaian atau verifikasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Daerah H Said Akhmad mengatakan, sangat mendukung langkah dari pemerintah Provinsi dalam hal pemberian pembinaan kepada dua desa yang terpilih dalam proklim.

“Kami dari pemerintah daerah sangat mendukung dan mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi,” ucap Sekda.

Sebelumnya juga disampaikan oleh Moh Khoirullah Kasi Pemeliharaan Lingkungan Provinsi Kalimantan Selatan,Kotabaru sebenarnya mengusulkan lima desa, tetapi yang lulus verifikasi hanya dua desa yaitu Desa Langadai Kecamatan Kelumpang Hilir dan Desa Gunung Ulin Kecamatan Pulau Laut Utara.

Dijelaskannya lebih jauh, tujuan kampung iklim ini sebenarnya untuk mensejahterakan masyarakat, dimana mereka memiliki inovasi dalam hal menjaga dan melestarikan lingkungan.

“Mereka melakukan aksi adaptasi dan mitigasi seperti aksi mitigasi penanggulangan bencana tidak membuang sampah sembarangan, menjaga roob dan mangrove, sedangkan aksi apatasi seperti di Desa Gunung Ulin yaitu ketahan pangan,” ungkapnya.

Ada tiga aspek yang akan dinilai dari Proklim ini yaitu asksi adaptasi 30 persen, aksi mitigasi 30 persen dan aksi kelembagaan 40 persen.

“Alhamdulillah sudah dari dulu kita melakukan sosialisasi khususnya dari Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotabaru Emi Siswanti, Pemerintah Daerah akan terus memberikan arahan serta akan terus menggali apa saja yang bisa menambah penilaian dari kampung iklim.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliana/rel
Editor : Aspihan Zain

Pos terkait