Satgas Covid-19 akan evaluasi simpatisan tak patuhi Prokes

Muhammad Muslim, juru bicara Satgas Covid-19 Kalsel.

Banjarmasin, kalselpos.com– Aturan tentang larangan membuat kerumunan saat pendaftaran pasangan calon (Paslon) pada Pilkada serentak, tak sepenuhnya patuhi aturan protokol kesehatan (Prokes).

Hal itu nampak pada massa simpatisan yang ikut mengantar paslon masing-masing pada saat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah KPUD setempat.

Bacaan Lainnya

Di Banjarmasin misalnya, ratusan simpatisan pendukung paslon Sahbirin – Muhidin dan Denny Indrayana – Defriadi Darjat ikut mengantar mendaftarkan diri di KPU, pada hari Sabtu (5/9/2020).

Pantauan kalselpos.com di lapangan,  mereka tampak berkerumun di pinggir Jalan Ahmad Yani Km 3,5 depan Kantor KPU Provinsi Kalsel. 

Selain dipinggir jalan, ratusan pengantar paslon juga duduk-duduk di halaman Kantor KPU tanpa melakukan jaga jarak.

Meskipun di depan pintu masuk, petugas melakukan pengecekan suhu tubuh dan meminta kepada orang yang mau masuk memakai masker dan cuci tangan, namun kerumunan orang tidak bisa mereka atasi.

Beberapa kali petugas yang mengaku dari Satgas Covid-19 Kalsel mengingatkan melalui pengeras suara agar melakukan jaga jarak, namun kerumunan susah sekali untuk ‘terurai’.

Para pengantar dan paslon seolah-olah lupa bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir, bahkan di Kalsel kasus positif sudah mendekati angka 9.000 kasus.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kalsel, Muhammad Muslim ketika diminta komentarnya tentang hal ini tidak bisa banyak bicara.

Kadis Kesehatan Provinsi Kalsel itu sangat berhati-hati dalam berucap bahkan cenderung menghindar.

“Nanti kita evaluasi dulu lah,” ujarnya singkat kepada kalselpos.com yang menyambanginya, Selasa (8/9/2020).

Ditanyakan apakah ada teguran atau peringatan keras dari Satgas Covid-19 Kalsel yang disampaikan kepada pasangan bakal calon dan terkhusus kepada KPU Provinsi Kalsel, lagi-lagi Muslim mengulangi jawaban yang sama. “Kita evaluasi, nanti kita evaluasi,” ujarnya seraya berlalu.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Pos terkait