Keluarga Jemput Paksa Jenazah Pasien Covid-19 di Banjarmasin

  • Whatsapp
Satu keluarga menjemput paksa jenazah positif Covid-19 di RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin (ilustrasi)

Banjarmasin, kalselpos.com – Kejadian mengejutkan terjadi di Kita Banjarmasin, pasalnya beberapa hari yang lalu terjadi pengambilan paksa jenazah Covid-19 oleh keluarga pasien. Sehingga pemulasaraan hingga pemakaman jenazah tersebut dilakukan tanpa standar protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi (dok/fudail)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, kejadian tersebut terjadi di ruang jenazah RSUD Sultan Suriansyah, Banjarmasin.

Advertisements

Bacaan Lainnya

“Pihak keluarga yang meningal sempat memaksa tim medis yang ada di RSUD Sultan Suriansyah untukenyerahkan jenazah keluarganya yang meninggal akibat Covid-19,” ungkapnya pada awak media, Selasa (08/09/2020).

Ia menjelaskan, jenazah diketahui berjenis kelamin laki laki yang merupakan warga di Kecamatan Banjarmasin Tengah
Saat ini, jenazah yang dinyatakan terpapar Covid-19 itu sesudah dimakamkan.

“Dari hasil swab kemarin hasilnya positif Covid-19,” ujarnya.

Pria dengan sapaan Machli itu mengaku, sangat menyayangkan dengan tragedi tersebut. Sehingga ia berharap agar hal tidak akan terjadi hal serupa. Menurutnya setiap jenazah yang tetapar Covid-19 harus dilakukan pemulasaraan secara protokol kesehatan ketat.

“Jika jenazah itu dibawa tidak sesuai dengan protokol kesehatan takutnya keluarga yang mencium mayat atau mengapani dan memandikan itu memiliki resiko yang tinggi untuk bisa terpalar Covid-19,” terangnya.

Kendati demikian, ia melanjutkan, bagi keluarga yang hendak ikut mengantarkan saat pemakaman masih bisa di tolransi, tetapi proses pemulasan hingga masuk peti jenazah tersebut harus ikuti prosedur protokol kesehatan.

“Karenanya, kita sudah mengedukasi pohak keluarga sekaligus masyarakat lainnya. Kejadian ini menjadi pelajaran bagi masyarakat Kota Banjarmasin,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakiri

Advertisements

Tinggalkan Balasan