Dampak wabah Corona, kemiskinan bertambah di Kotim

M. Kurniawan Anwar (tengah) dan Riskon Febriansyah (kanan) ketika diwawancarai koresponden Kalselpos.com (kiri), baru baru ini di Sampit. (Ruslan AG).

Sampit, kalselpos.comDampak wabah Corona di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalteng yang masih berada di zona merah dibeberapa kecamatan, membuat jumlah kemiskinan di daerah ini bertambah tiga kali lipat.

Demikian ungkap Riskon Febriansyah anggota DPRD Kotim yang juga angggota Komisi III Bidang Kesra, baru baru ini di Sampit.

Bacaan Lainnya

“Kita berharap wabah ini cepat berakhir. Sejatinya wabah ini membuka mata dan pikiran kita bagaimana mengelola pemerintahan di daerah dengan baik, agar bisa berkreasi dan berinovasi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Supaya tidak terlalu bergantung dana dari pusat,” ujar legislator muda Kotim ini.

Diakuinya, terkait fokus anggaran penanganan Covid-19 di Kotim, dimana wakil rakyat tidak berhak menentukan anggaran tersebut, sehingga tidak maksimal mengetahui kegunaan dan penggunaan, bahkan anggaran untuk dewan juga dipangkas, yang mengakibatkan tidak maksimal menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.

Ia hanya meminta, anggaran yang di rasionalisasi untuk penanganan Covid-19, sehingga berjalan dengan baik, transparan dan akuntabel.

“Sarana prasarana bidang pendidikan dan kesehatan juga masih banyak yang perlu sentuhan pembangunan, di samping jumlah guru dan tenaga medis yang masih kurang,” beber Riskon.

Sementara itu M. Kurniawan Anwar S.Kom anggota DPRD Kotim yang juga anggota Komisi IV Bidang Infrastruktur mengatakan, hingga kini dari pemetaan wilayah di Kotim banyak yang masih tertinggal. Dan yang terparah di kawasan utara Kotim.

Menurut Kurniawan, kondisi ini bisa diatasi diantaranya dengan sharing kepada investor yang banyak berinvestasi di kawasan utara Kotim, terutama perkebunan sawit.

“Wajar mereka peduli dan membantu pembangunan infrastruktur di Kotim, membantu kesulitan rakyat, karena mereka berusaha dan mencari keuntungan atas investasi mereka di daerah ini,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Ruslan AG
Editor: Bambang CE

Pos terkait