Pansus I DPRD Kalsel Studi Komparasi ke Pujon Kidul

  • Whatsapp
Pansus I DPRD Kalsel bersama Dinas Pariwisata, DPMD Provinsi serta tenaga ahli dari akademisi ULM gelar studi komparasi ke Desa Pujon Kidul.

Banjarmasin,kalselpos.com– Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diikuti Dinas Pariwisata, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi serta tenaga ahli dari akademisi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelar studi komparasi ke desa wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Tujuan mereka untuk penyempurnaan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang desa wisata.

Advertisements

Bacaan Lainnya

Dipilihnya daerah itu, karena
banyaknya obyek wisata yang sukses dikelola secara mandiri oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Kami ingin melihat dari dekat bagaimana aparatur dan masyarakat desa setempat tergerak untuk memanfaatkan potensi alam karakteristik desanya, sehingga berkembang menjadi desa wisata,” ujar Ketua Pansus I, Farhani kepada kalselpos.com, Kamis (03/09/20).

Ia berharap dari hasil kunjungan tersebut semakin melengkapi Raperda yang kita buat untuk dijadikan payung hukum guna pengembangan desa wisata banua.

Wakil Ketua Pansus I, Siti Noortita Ayu Febria Roosani menambahkan, yang utama, yakni bagaimana meningkatkan kesadaran dan keterlibatan semua pihak dalam rangka mewujudkan desa wisata ini. Sebab pada akhirnya keterlibatan pemerintah bersinergi dengan masyarakat bisa mempermudah apa yang menjadi cita-cita kita.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Pujon Kidul, Udi Hartoko memaparkan, capaian keberhasilan ini tidak terlepas dari membangun kesadaran masyarakat dengan melakukan pemetaan potensi yang dimiliki sesuai karakteristik desa.

Pada prinsipnya mengembangkan BUMDes tak hanya sebatas meningkatkan omzet dan PADes, tetapi bagaimana dapat memberikan dampak kepada aktivitas ekonomi masyarakat.

“Jangan sampai BUMDes besar, masyarakat tidak bergerak, jangan sampai jalan lurus, bagus tetapi urbanisasi masif, kemiskinan tidak menurun,” pungkasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sidik
Editor : Muliadi

Advertisements

Tinggalkan Balasan