Said Akhmad : “ASN Harus jaga Netralitas dalam Pilkada”

  • Whatsapp
Said Akhmad

Kotabaru, kalselpos.com– Pemilihan kepala daerah (Pilkada), Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru mulai menunjukan eksistensi. Suhu politik di Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan mulai meningkat, terlebih akan dimulainya pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) ke KPU.Kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kotabaru semakin dekat.

Esok, Jumat (4/9), KPU Kotabaru mulai membuka pendaftaran bakal pasangan calon (paslon).

Advertisements

Bacaan Lainnya

Menyikapi itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru, Said Akhmad, menghimbau agar para aparatur sipil negara (ASN) menjaga netralitas dalam pemilihan Kepala daerah mendatang.

“Nah, berkenaan dengan peringatan ini, kami juga sudah mengeluarkan surat edaran. Isinya, agar semua ASN bisa netral di Pilkada mendatang,” ujar Said, Kamis (3/9) siang.

Apabila terdapat temuan ASN tidak netral atau terlibat langsung mendukung salah satu pasangan calon Pilkada, maka secara aturan akan ditindak oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Intinya, surat peringatan juga sudah kami sampaikan ke Bawasalu Kotabaru. Jadi, kalau masih ada ASN kita yang terbukti tidak netral, silakan ditindak sesuai aturan yang berlaku,” ujar Said Akhmad.

Menjelang penerimaan pendaftaran pasangan bakal calon Pilkada, KPU setempat tampak melakukan berbagai persiapan. Di antaranya, pemasangan tenda di halaman kantor KPU Kabupaten Kotabaru.

Para bakal pasangan calon (paslon) diminta tidak mengadakan konvoi, arak-arakan, atau kerumunan massa saat pendaftaan di KPU, mulai Jumat (4/9) hingga Minggu (6/9).

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melarang itu lantaran situasi tengah pandemi Covid-19.

“Saya tegaskan tidak ada arak-arakan atau konvoi dalam pendaftaran yang tidak mengindahkan protokol kesehatan,” ujar Tito dalam rapat koordinasi bersama BPKP dan pemda yang ditayangkan secara daring,Kamis (3/9).

“Pilkada tahun ini tetap dilakukan, namun tetap harus dengan protokol kesehatan yang ketat, termasuk membatasi jumlah pendukung saat pendaftaran,” pungkasnya.

alselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Ardiansyah
Editor : Aspihan Zain

Advertisements

Tinggalkan Balasan