Masyarakat HSU akan Terima Bantuan BSPS dari Kementerian

  • Whatsapp
Pemerintah daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat. Bantuan tersebut berasal dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). (ist)

Amuntai, kalselpos.com – Pemerintah daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat. Bantuan tersebut berasal dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kementrian ini kembali, meadakan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan Bedah Rumah. BSPS merupakan bantuan pemerintah dalam upaya membantu perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam meningkatkan kualitas rumah dan pembangunan rumah yang lebih layak.

Advertisements

Bacaan Lainnya

Plt Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) Kabupaten HSU Najeriansyah mengatakan, BSPS memiliki dua kategori, yaitu Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya (PKRS) dan Pembangunan Rumah Baru Swadaya (PBRS). PKRS ditunjukan untuk memperbaiki rumah yang tidak layak huni sedangkan PBRS untuk pembanguan rumah baru pengganti rumah rusak total.

“Bantuan yang diluncurkan dari pemerintah pusat ini untuk kabupaten HSU ada 4 Kecamatan 12 Desa dengan jumlah rumah yang di bedah 207 buah rumah. Di tahun 2020 ini ada 4 kecamatan, Amuntai Tengah, Sungai Pandan, Amuntai Selatan dan Banjang” ucap Najeriansyah.

Target sasaran yang dituju adalah, masyarakat yang berpenghasilan rendah dan tentunya rumah yang tidak layak huni, untuk program untuk bantuan nl yaitu bantuan PKRS dengan alokasi dana diberikan senilai 17 juta 500 ribu rupiah setiap satu rumah.

“Penerima bantuan itu sendiri yaitu hasil dari data Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tahun 2019 di setiap desa, kemudian ditindak lanjuti dengan Pimpinan Daerah dan Leading Sektor terkait seperti Disperkim LH untuk memverifikasi apakah benar berhak mendapatkan bantuan bedah rumah tersebut, ” jelasnya.

Namun, mereka yang berhak mendapatkan program ini, terlebih dahuli melewati oroses persyaratan dan verifikasi, sesuai aturan yang Ditetapkan oleh kementerian.

“Harapannya, dengan kegiatan ini bisa mengentaskan dan membantu warga kita yang rumah nya bisa dikatakan tidak layak huni, dengan adanya program ini mereka bisa tinggal sesuai dengan syarat yang diperuntukkan sebagai sebuah rumah” harapnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: adiyat
Editor: wandi

Advertisements

Tinggalkan Balasan