Diperkirakan 4 pasang kandidat maju di Pilbup Kotim 2020

  • Whatsapp
Halikinnor, Sekda Kotim (kiri) ketika mendaftar ke DPC PDIP Kotim yang diterima ketuanya Ahmad Yani di Sampit.(ist)

Sampit, kalselpos.com-Diperkirakan kandidat yang akan berkontestasi di Pilkada Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), maksimal 4 pasang calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Hal ini jika dilihat dari peta jumlah parpol yang meraih kursi di legislatif dan arah dukungan parpol kepada bakal calon kepala daerah di Kotim.

Advertisements

Bacaan Lainnya

Selain itu, Pilkada serentak Desember 2020, juga akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng.

Diketahui, pasangan Halikinnor yang merupakan Sekda Kotim ini berduet dengan Irawati anggota DPRD Provinsi Kalteng dari PDI P.
Dimana duet yang disingkat HARATI ini didukung oleh PDI P 7 kursi, Partai Demokrat 5 kursi dan Perindo 1 kursi dengan jumlah 13 kursi.

Gabungan parpol tersebut sudah melebihi syarat pencalonan kepala daerah di Kotim yang hanya minimal 8 kursi.

Kemudian pasangan Taupiq Mukri, incumbent wabup Kotim dua periode dan Supriadi MT, Ketua DPD Partai Golkar Kotim, diusung Golkar yang memiliki 6 Kursi dan Partai Nasdem dengan 4 kursi.

Pasangan Supriantin Rambat, pengusaha developer yang berpasangan dengan M. Arsyad anggota DPRD Golkar dan mantan jurnalis yang diusung Gerindra dengan 5 kursi dan PKB juga 4 kursi.

Sedangkan pasangan Rudini wakil ketua DPRD Kotim dari PAN berduet dengan Syamsudin kepala Kemenag Kotim didukung oleh PAN dengan 6 kursi dan PKS 1 kursi.

Pasangan ini, hanya berharap dukungan dari Partai Hanura yang memiliki satu kursi di DPRD Kotim, dan satu satunya parpol yang tersisa untuk bisa mendukung pasangan Rudini -Syamsudin, sebagai syarat minimal mendapat dukungan 8 kursi dari parpol atau gabungan parpol yang meraih kursi di DPRD Kotim.

Rencananya, dari informasi yang terpublikasi di media, Hanura akan mengumumkan dukungan kepada pasangan ini untuk berkontestasi di Pilkada Kotim, Rabu ( 2/9/2020). (rag).

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Ruslan AG
Editor: Bambang CE

Advertisements

Tinggalkan Balasan