TNI Polri siap amanan Pilkada 2020 di wilayah Kapuas

Simulasi Sipam kota di wilayah hukum Polres Kapuas mengatasi kekacauan yang terjadi pasca Pilkada.(ist)

Kuala Kapuas, kalselpos.com – Simulasi Pengamanan Kota (Sipam Kota) yang merupakan operasi kepolisan ke wilayahan Mantap Praja Telabang 2020, dalam rangka kontingensi konflik sosial dan pengamanan Pilkada 2020, di wilayah hukum Polres Kapuas, digelar di Komplek Stadion Olahraga Panunjung Tarung, Jalan Maluku Kuala Kapuas, Selasa (1/9) pukul 09.30 WIB.

Kegiatan ini didukung oleh seluruh anggota Polres Kapuas, Polsek dan jajarannya, anggota TNI dari Kodim 1011/ KLK, serta Kompi Brimob. Dimana dalam kegiatan ini memperlihatkan bagaimana tata cara melaksanakan penanganan konflik yang terjadi pasca Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) 2020.

Bacaan Lainnya
2. Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti dan Dandim 1011/KLK Letkol Inf Ary Bayu Saputro saat memberikan keterangan pers.(ist)

Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti SIK MSi dalam keterangan pers mengatakan, telah mempersiapkan diri baik TNI maupun Polri dalam pengamanan Pilkada dengan segala rangkaiannya atau tahapannya yang sebentar lagi akan berjalan.

“Dalam simulasi tadi sudah ditunjukan cara kita menghadapai dalam situasi aman maupun kontingensi. Apabila ada konflik sosial atau apapun kita sudah siap,” ujar Manang Soebeti.

Disebutkannya, simulasi tadi melibatkan personil sebanyak 400 orang termasuk dari TNI bergabung dalam pengamatan ini,.

Kapolres Kapuas juga berharap Pilkada di Kabupaten Kapuas berjalan tertib. “Walaupun berbeda pilihan, kita adalah tetap bersaudara,” tegas AKBP Manang Soebeti.

Dandim 1011/ KLK Letkol Inf Ary Bayu Saputro, SSos, mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan simulasi Sipam kota ini.

Dikatakannya, untuk kesiapan kegiatan ini pihaknya tetap harus membackup Polres Sesuai MoU yang disepakati dengan menyiapkan satu Kesatuan Setingkat Kompi (KSK) sekitar 150 orang. Dan apabila diperlukan lagi akan perbantukan dari Koramil yang ada.

“Kita sudah adakan rakor, taktik floor game dan yang terakhir ini latihan bersama dalam bentuk simulasi Sipam kota, dengan langkah tahapan yang sudah dilaksanakan, kita tinggal koordinasi di lapangan berjalan dengan lancar,” beber Letkol Inf Ary Bayu Saputro.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Iwan Cavalera
Editor: Bambang CE

Pos terkait