Puluhan Warga Terjaring Patroli Perwali Wajib Masker

  • Whatsapp
Dr H Ahmad Murjani Mkes SH MH

Banjarmasin , kalselpos.com– Puluhan warga kedapatan tidak memakai masker di hari pertama pemberlakuan Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 68 Tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan dan penegakkan hukum protokol kesehatan pada masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Banjarmasin.

Bahkan dalam razia tersebut juga terdapat warga yang melawan saat diberi edukasi oleh petugas untuk menjalankan protokol pencegahan Covid-19 ini.

Advertisements

Bacaan Lainnya

PLT Kasatpol PP Banjarmasin, Faturrahim mengatakan, patroli penegakkan Perwali yang dilakukan pihaknya bersama unsur TNI-Polri hari ini tersebar di lima kecamatan. Terkhusus di tempat yang banyak berkumpulnya warga seperti pasar.

Ia menjelaskan, pasar yang dimaksud itu adalah Pasar Kalindo, Pasar Raya, Pasar Lima, Pasar Kuripan dan Pasar Sudimampir yang sudah dibangun posko untuk penindakan bagi warga yang melanggar.

“Hari pertama yang dilaksanakan itu bagi masyarakat yang melanggar hanyar diberikan sanksi sosial seperti menyapu Jalanan,” ucapnya pada awak media disela giat patroli tersebut, Selasa (1/9/2020) siang.

Ia membeberkan, hingga pukul 12.00 WITA, petugas telah menertibkan kurang lebih 30 orang yang kedapatan tidak pakai masker.

“Jika masyarakat masih kedapatan mengulanginya maka sanksi denda akan diberikan,” terangnya.

Namun, pada hari pertama pemberlakan Perwali yang mewajibkan penerapan protokol kesehatan itu tidak hanya berfokus di keramian pasar, tetapi Pemko Banjarmasin bersama jajaran juga akan melakukan hal tersebut ke permukiman warga.

Salah seorang warga tidak memakai masker, M. Erwansyah mengakui jika dirinya memang bersalah lantaran saat keluar rumah tidak memakai masker. Sehingga ia menerima sanksi yang diberikan oleh petugas.

“Ia saya lupa pakai masker dan saya salah siap diberikan sanksi berupa sosial seperti menyapu jalanan,” singkatnya.

Sebelumnya diketahui, terhitung sejak tanggal 1 September 2020 Pemerintah kota (Pemko) Banjarmasin bersama Polresta Banjarmasin dan Kodim 1007 serat Satpol PP melakukan razia masker di Pasar Lima, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Puluhan petugas yang diturunkan oleh Pemko Banjarmasin bersama Polresta Banjarmasin dan Kodim 1007 serta Satpol PP yang disebar ke lima kecamatan Kota Banjarmasin itu bertugas untuk menegakkan Perwali Nomor 68 Tahun 2020 tentang penegakkan hukum protokol kesehatan di masyarakat.

Sehingga jika terdapat warga yang melanggar maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan Perwali tersebut.

Sanksi yang dimaksud berupa teguran lisan, teguran tertulis, hingga dalam bentuk denda uang tunai dan pencabutan izin bagi badan usaha yang melanggar.

Setiap orang selain dikenakan sanksi administratif sebagaimana dimaksud juga dapat dikenakan sanksi sosial berupa membersihkan sarana fasilitas umum.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Fudail
Editor : Zakir

Advertisements

Tinggalkan Balasan