Pos Polisi Dijadikan Ruang Belajar Daring

Kompol Wahyu Hidayat menyulap Pos Polisi Pasar Sudimampir dan 2 tempat lainnya menjadi ruang belajar online bagi para siswa yang kurang mampu (ist)

Banjarmasin , kalselpos.com – Sekilas, Pos Polisi yang berada di kawasan Pasar Sudimampir, Banjarmasin terlihat sama. Namun jika dilihat ke dalam baru terlihat perbedaannya.

Lantai 2 Pos Polisi Sudimampir itu dijadikan ruang belajar, selain dilangkapi delapan komputer, di sana juga terdapat fasilitas wifi gratis sebagai penunjang.

Bacaan Lainnya

Usut punya usut, hal tersebut merupakan bentuk keprihatinan salah satu anggota Polresta Banjarmasin, Kompol Wahyu Hidayat merasa terpanggil untuk membantu problem yang dihadapi oleh para pelajar yang tinggal di sekitar kawasan tersebut. Terkhusus siswa yang berasal dari kalangan keluarga kurang mampu.

Berbekal uang yang disisihkan dari gajinya sebagai anggota Polri, pria yang saat ini menjabat sebagai Kasat Res Narkoba Polresta Banjarmasin itu membeli delapan unit komputer bekas warnet yang kemudian direkondisi untuk dapat digunakan dengan layak oleh para pelajar dalam proses belajar online.

Setelah berkoordinasi dengan rekan sesama polisi, akhirnya ia mendapatkan izin untuk ‘menyulap’ lantai 2 Posko Polisi Sudimampir guna dijadikan ruang belajar daring bagi siswa.

“Saya harap anak-anak para pedagang dan buruh kupas bawang yang ada di Pasar Sudimampir dapat memanfaatkan fasilitas ini, sehingga dapat meringankan beban orang tua mereka,” harap Kompol Wahyu, Senin (31/08/2020).

Selain itu, komputer-komputer tersebut juga dijadikan sarana belajar dan pengenalan teknologi bagi mereka yang belum menguasai komputer.

Selain memanfaatkan Pos Polisi Pasar Sudimampir, Kompol Wahyu juga membuat dua tempat lain yang dapat digunakan para pelajar untuk mengikuti belajar proses online, yaitu di pos BPK Manggis Raya dan disamping Pos Lantas Jembatan Merdeka.

“Bedanya ditempat tersebut tidak dilengkapi komputer dan hanya diberi fasilitas wifi gratis,” ujarnya.

Ia menambahkan, ditempat yang dinamainya Pos Kepolisian Online Gratis (Poskotis) tersebut nantinya juga akan dijadikan tempat sosialisasi bahaya narkoba kepada kalangan pelajar.

Menurutnya kalangan pelajar menjadi kelompok yang rentan terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba dan lem fox.

“Kita nanti juga akan bagikan buku pendidikan budi pekerti dan pengenalan dasar Polri secara gratis,” imbuhnya.

Tujuan pembagian buku tersebut ujarnya ialah agar para pelajar bisa membangun karakter moral dan akhlak yang baik sebagai bekal menempuh masa depannya, serta dapat mengenal lebih dekat mengani tugas-tugas Kepolisian.

“Karena ini masa pendemi corona, kita juga akan bagikan masker gratis kepada mereka. Dan meminta para pelajar yang ingin memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mencuci tangan ditempat yang telah disediakan sebelumnya,” pungkasnya. (

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Hafidz
Editor : Zakiri

Pos terkait