Pemkab Tapin akan Bangun Infrastruktur Pendukung Kembangkan Cabai Hiyung

  • Whatsapp
Bupati Tapin HM Arifin Arpan meninjau ke perkebunan cabai hiyung di Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah rencana mengembangkan tanaman cabai hiyung.(ist)

Rantau,kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Tapin terus bergerak maju melakukan pembangunan, terutama infrastruktur mendukung sektor pertanian, hal tersebut dalam upaya mempermudah petani dalam pengembangan dan mengolah lahan pertaniannya.

Hal itu terungkap saat Bupati Tapin HM Arifin Arpan melakukan kunjungan kerja kelapangan melihat langsung tanaman cabai hiyung Desa Hiyung Kecamatam Tapin Tengah Kabupaten Tapin. Senin (31/08) kemarin.

Bacaan Lainnya

Turut serta mendampingi Kepala Dinas PUPR H Yustan Azidin, Perwakilan Dinas Pertanian dan Petani Cabai Hiyung Junaidi.

“Pembangunan sarana dan prasana di Lahan Tanaman Cabai Hiyung di Desa Hiyung sangat penting, hal itu untuk mempermudah petani dalam mengembangkan tanaman cabai hiyung, “kata Bupati Tapin kepada wartawan.

Dijelaskan Bupati bahwa sarana yang maksud yaitu infrastruktur berupa pembangunan jembatan dan badan jalan menuju ke lokasi lahan perkebunan cabai hiyung.

“Kedua sarana tersebut dibangun tentunya memudahkan petani dalam mengembangkan dan membudidayakan cabai hiyung baik disaat tanam maupun memanen hasilnya, “jelasnya

Disamping itu pula dengan jalan yang baik, petani dapat lebih muda membawa hasil kebunnya.

Ditambahkan Bupati bahwa setelah masuknya cabai hiyung dalam Sinovik Top 45, dikenal secara luaa baik lokal, nasional hingga internasional.

Hingga saat ini disampaikan Petani setempat cabai hiyung menerima permintaan ekspor ke beberapa negara yaitu jepan dan spanyol.

Oleh karenanya infrastruktur perlu kita benahi untuk menunjang pengembangan cabai hiyung di Tapin.

Sementara itu kepala dinas PUPR Yustan Azidin menjelaskan bahwa terkait rencana pembangunan jembatan menuju areal perkebunan cabai hiyung di Desa Hiyung proritas utama di kerjakan hal itu sesuai dengan keinginan Pemerintah Daerah Tapin.

“Insha allah pada tahun 2020 ini akan mulai dikerjakan pembangunan jembatan menuju perkebunan cabai hiyung, “ujarnya.

Kemudian dilanjutkan pada tahun 2021 pembuatan badan jalan sampai pembangunan jalannya.

Untuk panjang dan lebarnya baik untuk jembatan dan jalan tani masih dalam pendataan pihaknya, hal ini untuk memudahkan menghitung anggaran dana yang diperlukan.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis:dillah
Editor:wandi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.