Lomba Perahu Katir Budaya Masyarakat Pulau Kerayaan harus dilestarikan

Lomba balap perahu katir ini merupakan agenda tahunan setiap bulan Agustus.

Kotabaru, kalselpos.com– Bupati H Sayed Jafar Al-Aydrus, SH didampingi Anggota DPRD Kotabaru dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ikut serta dalam pembukaan perlombaan balap perahu layar (Katir Race) tahun 2020 yang diadakan oleh warga masyarakat Pulau Kerayaan Kecamatan Pulaulaut Kepulauan, Minggu (30/8).

Bacaan Lainnya

Lomba balap perahu katir ini merupakan agenda tahunan setiap bulan Agustus yang mana sudah menjadi tradisi serta bentuk penghormatan kepada nenek moyang pada zaman dulu yang menggunakan perahu layar (katir) merantau ke Pulau Kerayaan.

Kedatangan Bupati bersama rombongan di Pulau Kerayaan di sambut oleh Camat Pulaulaut Kepulauan, Kapolsek, Danramil, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tamu undangan dan warga masyarakat yang menonton perlombaan Katir Race.

Dalam sambutannya Bupati H Sayed Jafar menyampaikan, Pemerintah Daerah mendukung atas event tahunan yang dilaksanakan ini, berupa perlomba perahu katir sebagai bagian dari pelestarian budaya yang sekaligus mendukung pariwisata daerah dan juga selaras dengan visi dan misi Kepala Daerah diantaranya memajukan agrobisnis dan juga pariwisata.

“Iya, kita perlu mendukung acara ini sebab merupakan pelestarian sejarah nenek moyang jaman dulu dan jangan sampai anak- anak kita nanti tidak dapat mengetahui asal mula lomba katir race ini,” ucap Bupati.

Lebih jauh diungkapkannya, “katir race ini hanya ada di Kabupaten Kotabaru tidak ada di Kabupaten lain di Kalimantan Selatan ini sehingga hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari luar daerah untuk berkunjung ke Kotabaru dan secara otomatis akan bisa meningkatkan perekonomian warga setempat,” jelanya.

“Saya berharap event semacam ini dapat dikemas sedemikian rupa oleh warga di tiga desa yaitu Desa Kerayaan, Desa Kerasian dan Desa Kerumputan sehingga terkesan besar dan lebih dikenal lagi diseluruh Indonesia,” tutupnya diakhir sambutan.

Untuk diketahui dalam lomba katir race ini dibagi dua kategori yaitu, perahu katir besar sebanyak 12 peserta dan kategori perahu katir kecil sebanyak 9 peserta, dengan rute start dari Pulau Kerayaan kemudian mengelilingi Pulau Kerasian dan finish kembali di Pulau Kerayaan.

Acara ditandai dengan tembakan keudara bahwa lomba perahu layar (Katir Race) di mulai.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Muliana
Editor : Aspihan Zain