Peringati 10 Muharam 1442 H, Warga Desa Pantai masak Bubur Asyura

  • Whatsapp
Warga Desa Pantai, RT 06 ,Kecamatan Kelumpang Selatan Kabupaten Kotabaru, bergotong royong membuat bubur Asyura.

Kotabaru,kalselpos.com-Memperingati 10 Muharram tahun 1442 Hijriyah tentunya setiap daerah memiliki tradisi berbeda-beda. Seperti masyarakat Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan,yang beramai-ramai membuat makanan khas yakni bubur Asyura.

Bacaan Lainnya

Namanya bubur Asyura, seperti waktu puasa sunnah hari Sabtu 29 Agustus 2020 atau bertepatan dengan 10 Muharram, melaksanakan puasa Asyura.

Mereka tidak bisa melewatkan momentum di bulan Muharram ini, ialah Warga Desa Pantai, RT 06 ,Kecamatan Kelumpang Selatan Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Melakukan tradisi secara turun temurun.

Nampak suasana gotong royong dari sejumlah warga yang sangat antusias membuat bubur, mereka mengunakan bumbu karih bercampur bumbu sop. “Ini namanya bubur Asyura Banjar, karena bumbunya campuran karih dan sop,” kata salah seorang juru masak Siti Khadijah atau lebih di kenal dengan panggilan Nini Ancu,Sabtu (29/8.

Selain itu, makanan khas bubur Asyura ini juga dicampur berbagai macam sayuran, agar lebih semakin lezat saat disantap, bubur Asyura itu diberi potongan kecil daging ayam, dan beberapa irisan telur gulung.

Salah satu tokoh Pemuda desa Pantai Khairul Sani atau akrab di sapa Ihai kepada wartawan Dia mengatakan, semua bahan baku mereka dapat dari hasil swadaya masyarakat setempat.

“Biasanya, masyarakat ramai datang dengan membawa tempat makan mereka masing masing untuk mengambil bubur, namun tidak demikian untuk tahun ini,” ucapnya.

Menurutnya, warga tidak lupa dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, bubur tidak semua dibagikan di tempat memasak, namun diantar langsung ke rumah-rumah warga.

“Kali ini warga Rt 06 Desa Pantai memasak bubur Asyura sebanyak lima wajan ukuran sedang. Semua ini akan kita bagi-bagikan,” ungkapnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Ardiansyah
Editor : Aspihan Zain

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.