Kalsel membutuhkan tenaga honorer tutupi kekurangan Guru

  • Whatsapp
Abdul Rahim, Kabid GTK Disdikbud Provinsi Kalsel.(Anas Aliando)

Banjarbaru, kalselpos.com – Saat ini tenaga honorer terutama guru SMA di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) masih sangat dibutuhkan karena menutupi kekurangan guru yang berstatus PNS. 

“Apalagi dengan adanya penambahan SMA baru maka guru honorer sangat dibutuhkan. Misalnya di SMA Negeri 5 Banjarbaru dan SMA Negeri 3 Martapura yang telah diresmikan belum lama tadi,” ujar Abdul Rahim Kabid Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Disdikbud Kalsel kepada kalselpos.com akhir pekan tadi.

Advertisements

Bacaan Lainnya

Rahim mengatakan, apabila pembangunan sekolah baru disejumlah wilayah di provinsi Kalsel kembali mengalami penambahan, dipastikan tenaga honorer juga akan dibutuhkan keberadaannya.

Pria ramah namun tegas itu mengungkapkan, meskipun saat ini jumlah guru honorer lebih dari 2000, namun itu belum bisa menutupi kekurangan guru.

“Sebut saja, ada guru khusus mata pelajaran dan sekarang ada guru yang produktif berstatus PNS tapi harus pindah, ini lah yang akhirnya terjadi kekurangan guru di Kalimantan Selatan,” bebernya.

Karena itulah, tambah Rahim, dengan adanya bantuan dari pihak tenaga honorer di Kalsel, mampu menutupi kekurangan tersebut. Sehingga, resikonya pun dapat terpenuhi.

“Meskipun harus mengakui adanya kekurangan ini, peran tenaga honorer sangat diapresiasi. Dimana, nantinya kami berharap mereka dapat diangkat ke Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K),” tegasnya.

Rahim menambahkan, terkait menyangkut kesejahteraan tenaga honorer,  mereka harus bisa menuntaskan 24 jam mengajar bagi yang telah mendapatkan sertifikasi. Namun, apabila belum, maka hanya diwajibkan 18 jam saja.

“Secara tatap muka untuk yang telah bersertifikasi harus mampu menyelesaikan jam mengajarnya sebanyak 24 jam, akan tetapi untuk yang standart cukup 18 jam saja dan pembayaran gajinya tetap disesuaikan jumlah waktu mengajar apabila lebih maka bagus lagi,” tandasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE

Advertisements

Tinggalkan Balasan