Semarak 10 Muharram, Srikandi LSR Bagikan 200 Bubur Asyura

  • Whatsapp
Pembagian bubur Asyura oleh Srikandi LSR LPMT Kalteng untuk hidangan berbuka puasa (ist)

Palangka Raya, kalselpos.com – Tradisi membuat bubur Asyura tepat saat 10 Muharram terus dijaga ummat muslim di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng). Hal itulah yang dilakukan oleh para Srikandi Lembaga Swadaya Rakyat, Laskar Pembela Masyarakat Tertindas (LSR-LPMT) Kalteng dalam rangka menyemarakkan peringatan hari bersejarah yang berkaitkan dengan perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menyiarkan dakwah tauhid kepada umatnya, Sabtu (29/08/2020).

Advertisements

Bacaan Lainnya

Belasan wanita kebanggaan LSR itu bergotong royong guna proses pembuatan bubur yang kaya akan rempah dan sayur tersebut.

Tradisi dan kuliner yang selalu mengiringi hari istemewa itu untuk dihidangkan pada menu berbuka puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 10 Muharram. Karena diyakini puasa sunah yang dilakukan bulan Muharam akan menghapus dosa selama satu tahun yang lalu.

“Alhamdulillah hari ini kita Srikandi LSR bisa memasak bubur Asyura dimarkas LSR, dan hasilnya nanti akan kita bagikan ke masyarakat,” ucap Ketua Srikandi LSR Annizya Gatis, disela kegiatan memasak kuliner khas yang mempunyai 41 macam rempah dan dimasak secara massal itu.

Annizya menuturkan, ada 200 bungkus bubur Asyura yang siap dibagikan kepada warga. Kemudian, seluruh hidangan terdebut akan dibagi menjadi dua.

“100 bungkus dibagikan kepada masyarakat di sekitar lingkungan markas LSR dan 100 bungkus lagi dibagikan kepada Pesantren Man’bau Darussalam, Jalan Mendawai Ujung, Palangka Raya,” jelasnya

Ia berharap, dengan dilakukannya pembagian bubus Asyura tersebut bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan mengajarkan untuk saling berbagi kepada sesama.

“Kita berharap semoga kegiatan ini bisa bermanfaat dan yang pasti bisa mengajarkan para Srikandi LSR untuk selalu berbagi,” ujarnya .

Sementara itu, Ketua Umum LSR LPMT Kalteng Agatisansyah mengaku bahwa dirinya selalu mendukung apapun kegiatan yang memberikan hal positif kepada masyarakat,l.

“Kita pasti mendukung semua kegiatan yang positif dan kalau urusan masak-memasak kita serahkan pada ahlinya yaitu Srikandi LSR,” pungkasnya sambil tersenyum.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Zakiri

Advertisements

Tinggalkan Balasan