Sambut 10 Muharram, Warga Teluk Tiram Bagikan Tiga Kawah Bubur Asyura

  • Whatsapp
Warga Gang Tiga Empat, Kelurahan Teluk Tiram, RT.29 Banjarmasin membuat bubur Asyura setiap tanggal 10 Muharram secara bergotong royong (Ahmad Fauzie)

Banjarmasin, kalselpos.com – Dalam menyambut 10 Muharram atau yang dikenal sebagian besar kaum muslimin di Banjarmasin sebagai Hari Asyura, warga Jalan Teluk Tiram Darat, Gang Tiga Empat, RT 29, Kelurahan Teluk Tiram, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin bergotong royong untuk menghidangkan kuliner khas yang dibuat khusus.

Salah satu kuliner yang kerap identik dengan peringatan Asyura tersebut adalah membuat Bubur Asyura yang nantinya dihidangkan untuk berbuka puasa.

Advertisements

Bacaan Lainnya

Puluhan warga setempat berkumpul dan bergotong royong sejak pagi untuk mempersiapkan pembuatan bubur Asyura ini.

Bermacam sayuran seperti kacang-kacangan umbi-umbian serta daging-dagingan dicampur menjadi satu. Hal ini memaknai perjuangan Nabi Muhammad SAW usai perang Badar dimana ketersediaan makanan yang dibuat tak sebanding dengan jumlah prajurit.

“Saat itu lalu Nabi menyuruh untuk mengumpulkan semua bahan makanan untuk disatukan dan dimasak dan makanan pun akhirnya mencukupi,” ucap Idrus, salah satu warga yang ikut terlibat dalam proses pembuatan Bubur Asyura itu menceritakan kepada kalselpos.com, Sabtu (29/8/2020) siang.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak tiga kawah (wajan) besar Bubur Asyura yang campurannya terdapat 41 macam rempah sayuran dan lain lain ini, langsung dibagikan kepada warga sekitar. Tak sedikit pula yang datang membawa wadah sendiri untuk mengambil keberkahan dari makanan kaya akan rempah ini.

Warga mengusap kepala Anak yatim (Ahmad Fauzie)

Selain membuat bubur Asyura warga setempat juga menyantuni anak anak yatim. Pada hari itu anak yatim diberi makanan serta uang sembari mengusap kepala anak yatim tersebut dengan minyak kelapa.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Zakiri

Advertisements

Tinggalkan Balasan